Bisakah Walker Hentikan Mbappe?

ADVERTISEMENT

Bisakah Walker Hentikan Mbappe?

Putra Rusdi K - Sepakbola
Kamis, 08 Des 2022 21:40 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - NOVEMBER 24: Kyle Walker of Man City and Kylian Mbappe of PSG during the UEFA Champions League group A match between Manchester City and Paris Saint-Germain at Etihad Stadium on November 24, 2021 in Manchester, United Kingdom. (Photo by Simon Stacpoole/Offside/Offside via Getty Images)
Foto: Offside via Getty Images/Simon Stacpoole/Offside
Jakarta -

Kyle Walker kemungkinan besar bakal ditugasi untuk meredam Kylian Mbappe di laga Inggris vs Prancis. Bisakah ia mematikan Mbappe?

Inggris vs Prancis bakal tersaji di Al Bayt Stadium pada perempatfinal Piala Dunia, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB. Kylian Mbappe bakal jadi ancaman utama untuk Tim Tiga Singa di laga ini.

Mbappe tampil luar biasa di Qatar. Ia memimpin daftar top skor dengan mengemas lima gol.

Bintang Paris Saint-Germain ini tak sekadar cepat tapi juga begitu mematikan. Hal tersebut ditunjukkannya di laga 16 besar kala Prancis menang 3-1 atas Polandia.

Ia bikin dua gol lewat sepakan keras dari sudut yang terbilang sulit. Pergerakannya di sisi kiri penyerangan bikin bek kanan Polandia, Matt Cash, kalang kabut.

"Kecepatan, pergerakan, finishing... Dia punya segalanya!" ujar Cash dikutip dari Sky Sport.

"Dia mencetak gol lewat dua tembakan ke pojok atas, satu di kiri dan satu di kanan. Saya tidak tahu apakah harus mundur atau menjaganya dengan ketat. Ketika menjaganya dengan ketat, dia hanya membelakangi saya lalu berputar. Ketika dia mendapatkan bola, berhenti dan bergerak, dia adalah tercepat yang pernah saya lihat."

"Ketika dia berdiri dan bergerak, dia melakukannya dengan sangat baik. Dia menggerakan bahunya berlari langkah pendek lalu panjang. Saya melakukan semua yang saya bisa. Saat satu lawan satu, saya pikir saya akan melakukannya dengan baik melawannya... Saya menghabiskan sore hari menonton videonya dan saya tahu itu akan menjadi ujian yang sulit - kenyataannya dia membuat kaki saya terbakar!" jelasnya soal pengalaman menjaga Mbappe.

Tak hanya hebat secara individu, Mbappe juga ditunjang oleh sistem main Prancis yang mengoptimalkan kemampuannya. Mbappe tak dituntut untuk membantu pertahanan. Ia disokong dengan oleh Adrien Rabiot (gelandang kiri) dan Theo Hernandez (bek kiri).

Kubu Inggris harus memutar otak untuk menghentikan Mbappe. Tugas berat bakal diemban bek kanan Inggris. Kyle Walker yang diharuskan membendung Mbappe. Kyle Walker tampaknya bakal mengemban tugas itu.

Bisakah Walker menghentikan Mbappe?

Walker dianggap punya kapasitas untuk meladeni Mbappe. Ia cepat juga atletis. Mbappe pernah mencatatkan rekor lari 35,6 km per jam di Liga Champions. Walker diyakini bisa menandingi Mbappe karena pernah mencatatkan kecepatan lari lebih cepat 37,8km per jam di Liga Inggris menurut data dari Sky Sports.

"Kyle Walker sama cepatnya dengan Mbappe. Jika ada yang akan menghentikan Mbappe, Kyle Walker adalah orangnya. Dia juga cepat," ujar Cash soal Walker vs Mbappe.

Bek Manchester City juga punya pengalaman yang cukup baik menghadapi Mbappe. Ia sudah tiga kali bertemu dengan Mbappe di Liga Champions kala City berjumpa Paris Saint-Germain.

Man City mampu menang dua kali dan sekali kalah dalam tiga pertemuan tersebut. Walker bisa meredam Mbappe yang cuma bisa satu gol dari tiga laga itu.

PSG's Kylian Mbappe, right, competes for the ball with Manchester City's Riyad Mahrez, center, and Manchester City's Kyle Walker during the Champions League group A soccer match between Manchester City and Paris Saint-Germain at the Etihad Stadium in Manchester, England, Wednesday, Nov. 24, 2021. (AP Photo/Scott Heppell)Kyle Walker saat berhadapan dengan Kylian Mbappe di Liga Champions (AP Photo/Scott Heppell) Foto: AP/Scott Heppell

Meski demikian, Walker bukannya tanpa keraguan untuk berhadapan dengan Mbappe. Ia sempat mengalami masalah kebugaran sebelum Piala Dunia. Usia Walker kini juga sudah menginjak 32 tahun berbanding dengan Mbappe yang baru 23 tahun. Hal ini tentu bisa mereduksi kecepatan Walker.

Menurut detikers, apakah Walker bisa mematikan Mbappe?



Simak Video "Kylian Mbappe Top Skor Piala Dunia 2022 dengan 8 Gol"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT