Alvarez Kembali Hidupkan Argentina, Belanda Mesti Waspada

ADVERTISEMENT

Alvarez Kembali Hidupkan Argentina, Belanda Mesti Waspada

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 09 Des 2022 02:08 WIB
DOHA, QATAR - DECEMBER 03: Julian Alvarez of Argentina celebrates after scoring his teams second goal during the FIFA World Cup Qatar 2022 Round of 16 match between Argentina and Australia at Ahmad Bin Ali Stadium on December 3, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Manuel Reino Berengui/DeFodi Images via Getty Images)
Julian Alvarez membuat lini serang Argentina lebih hidup. Foto: DeFodi Images via Getty Images/DeFodi Images
Jakarta -

Belanda tak boleh hanya mengawasi Lionel Messi dalam laga perempatfinal Piala Dunia 2022 melawan Argentina. Ada Julian Alvarez yang juga mesti diwaspadai, karena ia punya peran vital di lini serang Tim Tango.

Alvarez hanya menjadi pemain pengganti dalam dua laga awal Argentina di Grup C. Saat itu, pelatih Lionel Scaloni lebih mengutamakan Lautaro Martinez di lini depan.

Hal tersebut sebetulnya wajar. Sebab di level klub, Martinez merupakan penyerang inti Inter Milan, sementara Alvarez belum menjadi pilihan utama Manchester City.

Simak kumpulan informasi Piala Dunia 2022 di sini!

Namun di laga melawan Arab Saudi dan Meksiko, Martinez gagal mencetak gol. Tembakan ke gawang pun ia tak bisa melakukannya. Scaloni akhirnya mencadangkan pemain 25 tahun itu dan menyerahkan posisi starter kepada Alvarez.

Kepercayaan itu dibayar Alvarez dengan torehan dua gol dalam dua laga. Lini depan Argentina juga menjadi lebih mengerikan dibandingkan saat Martinez tampil sejak awal.

Whoscored dan The Guardian menulis bahwa di dua laga pertama, Argentina mencatatkan 43,5 persen tembakan dari luar kotak penalti. Sementara di dua laga terakhir, jumlah itu merosot hingga 17 persen.

Serangan Argentina jadi lebih mengalir dan mampu menembus pertahanan lawan dibanding sebelumnya. Alvarez juga membuat umpan lebih banyak, menyentuh bola di kotak penalti lebih banyak, dan lebih jarang terjebak offside dibanding Martinez.

Selain itu, Alvarez lebih menonjol dalam membantu permainan tim. Saat bermain melebar, pemain 22 tahun itu memudahkan Messi mendapat ruang tembak lebih banyak. Sejauh ini, La Pulga telah melepaskan 17 shot dalam 4 laga, mengemas tiga gol.

Oleh sebab itu, menghadapi Belanda yang memiliki serangan balik mematikan, Argentina tak boleh sering kehilangan bola. Pertahanan Oranje yang rapat harus bisa dibuka dengan pemain kreatif, dan kerja sama Messi dan Alvarez bisa menjadi solusi.

Belanda vs Argentina akan berlangsung pada Sabtu (10/12) pukul 02.00 WIB. Apakah Alvarez bisa melanjutkan performa apiknya untuk mengantarkan Tim Tango ke semifinal?

Simak video 'Andries Noppert Kubur Mimpi Bela Belanda Jika Ingat Jalan Terjal Kariernya':

[Gambas:Video 20detik]



(adp/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT