Maroko Baru Kebobolan Sekali di Piala Dunia 2022, kok Bisa?

ADVERTISEMENT

Maroko Baru Kebobolan Sekali di Piala Dunia 2022, kok Bisa?

Afif Farhan - Sepakbola
Jumat, 09 Des 2022 20:00 WIB
Moroccos players celebrate their victory over Spain during the World Cup round of 16 soccer match between Morocco and Spain, at the Education City Stadium in Al Rayyan, Qatar, Tuesday, Dec. 6, 2022. (AP Photo/Martin Meissner)
Foto: AP/Martin Meissner
Doha -

Maroko baru kebobolan sekali di Piala Dunia 2022, itu pun karena gol bunuh diri. Mengapa Singa Atlas bisa sekuat itu?

Piala Dunia 2022 sudah menapaki babak perempatfinal. Delapan negara tersisa, salah satunya adalah tim kejutan bernama Maroko.

Maroko mampu atasi hadangan Kroasia (0-0) dan Belgia (menang 2-0) di fase grup. Di babak 16 besar, Maroko di luar dugaan dapat singkirkan Spanyol via adu penalti 3-0 setelah main imbang 0-0.

Maroko menyingkirkan Spanyol untuk ke perempatfinal Piala Dunia 2022. Singa Atlas menang 3-0 melalui adu penalti.Maroko terus melangkah ke perempatfinal Piala Dunia 2022 (Foto: Getty Images)

Dilansir detikSport dari berbagai sumber, Maroko punya statistik menarik selama Piala Dunia 2022 ini. Maroko adalah tim terlemah dalam perihal menyerang namun jadi tim terkuat dalam perihal bertahan!

Mari bahas soal serangan, tahukah kamu kalau Maroko masuk dalam empat tim terendah dari 32 kontestan Piala Dunia 2022 untuk urusan tembakan.

Rata-rata, Maroko hanya melepas enam tembakan sepanjang 90 menit waktu normal. Serta, cuma dua tembakan yang mengarah ke gawang.

Filosofi cara terbaik untuk menang adalah bertahan, sepertinya diterapkan pelatih Walid Regragui. Maroko jadi tim dengan kebobolan paling sedikit sampai babak perempatfinal 2022 dengan hanya kebobolan sekali!

Itu terjadi di fase grup kontra Kanada. Kebobolannya itu pun gara-gara gol bunuh diri Nayef Aguerd.

Selain itu, Maroko sudah catatkan tiga clean sheets alias jadi catatan terbaik dari wakil Afrika sepanjang Piala Dunia. Bukan cuma kiper Yassine Bounou yang perkasa menjaga gawang, Singa Atlas bertahan dengan rapat dan tak ragu bermain keras!

DOHA, QATAR - NOVEMBER 27: Kevin De Bruyne of Belgium battles for the ball with Romain Saiss of Morocco during the Group F - FIFA World Cup Qatar 2022 match between Belgium and Morocco at the Al Thumama Stadium on November 27, 2022 in Doha, Qatar (Photo by Pablo Morano/BSR Agency/Getty Images)Maroko kuat dalam bertahan! (Foto: Getty Images/BSR Agency)

Perlu diketahui, Maroko total sudah melakukan 92 kali tekel sepanjang Piala Dunia 2022. Itu menjadikannya tim dengan tekel terbanyak!

Dari angka itu, 55 tekel dilakukan Maroko di sepertiga pertahanan mereka. Tidak ada tim dengan angka sebanyak itu.

Dari 12 pemain yang sering lakukan tekel di Piala Dunia 2022, empat di antaranya berasal dari Maroko yakni Hakimi, Mazraoui, Amrabat, Ounahi). Tidak ada tim lain yang punya lebih dari satu pemain untuk urusan tekel terbanyak.

Achraf Hakimi pun menjadi pemain dengan tekel terbanyak di babak 16 besar Piala Dunia. 17 Tekel dilakukannya, yang paling mendekati adalah bek Prancis Ibrahima Konate dengan 13 tekel.

Biasanya, sepakbola menyerang jadi tontonan yang dinanti. Namun ilmu pertahanan juga tak bisa dipungkiri, bisa jadi senjata berbahaya yang mematikan.

Maroko sudah membuktikannya sejauh ini, apakah mereka terus bisa membuktikannya sampai babak puncak?

(aff/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT