Kilas Balik Piala Dunia 2022: Penuh Kejutan, Argentina Juaranya

ADVERTISEMENT

Year in Review 2022

Kilas Balik Piala Dunia 2022: Penuh Kejutan, Argentina Juaranya

Tim detikcom - Sepakbola
Selasa, 10 Jan 2023 12:45 WIB
Lionel Messi right winger of Argentina and Paris Saint-Germain kisses the trophy after winning with his team the FIFA World Cup Qatar 2022 Final match between Argentina and France at Lusail Stadium on December 18, 2022 in Lusail City, Qatar. (Photo by Jose Breton/Pics Action/NurPhoto via Getty Images)
Foto: Jose Breton/NurPhoto/Getty Images
Jakarta -

Piala Dunia 2022 bergulir di Qatar pada 20 November - 18 Desember 2022. Sedari awal penyelenggaraannya saja, pesta sepakbola sedunia itu langsung penuh kejutan.

Di hari-hari awal turnamen, salah satu kejutan besar Piala Dunia 2022 adalah kekalahan Argentina dengan skor 1-2 ketika berhadapan dengan Arab Saudi. Lionel Messi tak kuasa menghindarkan Tim Tango dari kekalahan di laga pertamanya.

Satu hari berselang, di tanggal 23 November 2022, hadir kejutan berikutnya. Jerman kalah 1-2 di tangan Jepang. Hasil itu, pada prosesnya, turut bikin Jerman cuma bisa finis ketiga dan tak kuasa melaju ke 16 besar Piala Dunia 2022.

Dan kejutan-kejutan masih terus berlanjut. Sebut saja Belgia dan Uruguay yang kandas di fase grup akibat finis ketiga.

Bicara kejutan, tak lengkap tanpa menyebut Maroko yang lolos sebagai juara Grup F dengan mengangkangi Kroasia, Belgia, dan Kanada.

Maroko bagaikan simbolisasi Piala Dunia 2022 yang sarat kejutan sedari awal sampai akhir, dengan keberhasilannya sampai ke semifinal usai menyingkirkan Spanyol dan Portugal secara berurutan di fase gugur!

Maroko adalah tim pertama dari Afrika yang mencapai babak semifinal Piala Dunia. Sebelumnya Kamerun (1990), Senegal (2002), dan Ghana (2010) cuma finis di perempatfinal.

Drama di Piala Dunia 2022 mencapai klimaksnya ketika Prancis berhadapan dengan Argentina di final. Dalam duel yang berlangsung sengit berbalas gol, skor masih 3-3 sampai berakhirnya extra time.

Dalam drama adu penalti, Argentina kemudian menjadi juara dengan mengalahkan Prancis 4-2. Lionel Messi, yang sempat diragukan partisipasinya akibat cedera jelang turnamen, pun mengangkat trofi juara Piala Dunia!

----

Simak dan download report Year in Review 2022 di sini!

(krs/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT