sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 17 Okt 2008 18:26 WIB

Lepas Jabatan Gubernur, Abramovic Masuk Parlemen

- detikSport
Jakarta - Pemilik klub Chelsea Roman Abramovich tidak benar-benar meninggalkan aktivitasnya di dunia politik. Setelah melepas jabatannya sebagai seorang gubernur bulan Juli lalu, ia kini masuk parlemen.

Menurut laporan BBC, Jumat (17/16/2008), Komisi Pemilihan Pusat di Rusia menyatakan bahwa Abramovich meraih kemenangan 97% dalam pemilu untuk memilih anggota parlemen wilayah Chukotka hari Minggu lalu.

Orang terkaya nomor dua di Rusia itu bahkan diperkirakan bakal memimpin badan legislatif di daerah "ujung" Rusia tersebut.

Pada Juli lalu Abramovich mengundurkan diri sebagai gubernur Chukotka setelah menjabat selama delapan tahun. Ia berhasil meraup popularitas tinggi di wilayah yang dekat dengan kutub utara itu setelah berinvestasi jutaan dolar dari koceknya di berbagai sektor terutama sosial.

Terkait pengunduran dirinya, Presiden Dmitry Medvedev relatif lancar-lancar saja menerima keputusan tersebut, sedangkan Perdana Menteri Vladimir Putin, yang adalah kolega sangat dekat dengan Abramovich, konon sempat berniat menolaknya.

Abramovich, 41, di awal tahun ini dicatat oleh majalah Forbes sebagai konglomerat terkaya nomor dua di Rusia, dengan kekayaan lebih dari 24 miliar dolar atau sekitar Rp 237 triliun.

(a2s/arp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com