sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 07 Okt 2019 19:57 WIB

Menolak Lupa, Barcelona Lucuti Medali Diktator Franco

Yanu Arifin - detikSport
Barcelona melucuti medali juara jendral Francisco Franco, diktator yang pernah menciptakan perang sipil di Spanyol dan merebut Catalunya. (Foto: Alex Caparros/Getty Images) Barcelona melucuti medali juara jendral Francisco Franco, diktator yang pernah menciptakan perang sipil di Spanyol dan merebut Catalunya. (Foto: Alex Caparros/Getty Images)
Barcelona - Barcelona menolak lupa atas kediktatoran Francisco Franco. Medali juara yang pernah diberikan kini dilucuti.

Dilansir Sport, Barcelona menggelar pemungutan suara terkait pencabutan gelar yang pernah diberikan kepada Franco. Jenderal bertangan besi itu tercatat pernah mendapat medali pada tahun 1951, 1971, dan 1975.




Dalam rapat yang digelar Minggu (6/10), sebanyak 671 memilih medali juara Franco dicabut, dua menolak, dan 7 abstain. Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, mengatakan pencabutan medali Franco sedianya sudah mencuat sejak era presiden Joan Laporta.

"Pada musim 2003/2004, dalam bagian manajemen Joan Laporta, kami berencana membuat tindakan, tapi pada saat itu kami tidak punya semua informasi dan dokumen yang dibutuhkan," kata Bartomeu.

"Kami punya itu sekarang, sebagai penghormatan kepada orang tua dan leluhur kami, kami bisa bergerak melangkah ke depan dengan tindakan ini," jelasnya.




Barcelona memang punya kisah menyedihkan terkait Franco. Jenderal cum politikus Spanyol itu pernah menciptakan perang sipil di Barcelona pada periode 1936-1939, yang menewaskan sekitar 500 ribu orang.

Presiden Barcelona, Josep Sunyol, bahkan menjadi korban atas perang saudara itu. Setelah wilayah Catalunya direbut, Franco kerap memperlakukan klub Barcelona tak adil. Pada 1975, Franco wafat yang sekaligus menyudahi era kediktatorannya.

Simak Video "Rakitic Segera Dilepas Barcelona?"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com