Aji Santoso Hobi Pelihara Burung, Mirip Buru Pemain Muda Berbakat

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 29 Apr 2020 22:35 WIB
Aji Santoso
Aji Santoso menilaimemelihara burung layaknya berburu pemain muda berbakat. (Foto: dok.Persebaya/Jonathan Yohvinno)
Jakarta -

Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso gemar memelihara burung. Bagi Aji, hobi ini mirip-mirip seperti berburu pemain muda berkualitas.

Ada kepuasan tersendiri kala burung yang dirawatnya bisa tumbuh menjadi burung berkualitas. Indikator Aji simpel, burung berkualitas itu dinilai dari suara kicauannya.

Meski sederhana, dibutuhkan pengamatan akurat untuk bisa mendapatkan bibit burung berkualitas. Aji kerap terjun langsung ke pasar atau mencari informasi dari para rekan dengan hobi sejenis.

Bagi pelatih asal Malang, hobi ini tak jauh beda dengan pekerjaannya sebagai pelatih sepakbola. Keberhasilan mendapatkan pemain muda berkualitas yang bisa menjadi andalan klub dalam waktu panjang akan menjadi kebanggaan tersendiri. Saddil Ramdani merupakan salah satu contoh hasil binaan Aji.

"Ketika saya menemukan pemain muda bakat dan belum punya pengalaman, itu membuat saya senang. Saya merasa puas ketika mereka menjadi pemain top, itu sama dengan memelihara burung," kata Aji, dikutip dari laman resmi Persebaya.

"Menjadi kepuasan tersendiri ketika menemukan burung yang berbakat bagus dan bisa menjadikannya burung berkualitas. Ini sama seperti filosofi saya sebagai pelatih," ujarnya menambahkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2