Aji Santoso Hobi Pelihara Burung, Mirip Buru Pemain Muda Berbakat

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 29 Apr 2020 22:35 WIB
Aji Santoso
Aji Santoso menilaimemelihara burung layaknya berburu pemain muda berbakat. (Foto: dok.Persebaya/Jonathan Yohvinno)

Banyak jenis burung yang dipelihara baik dari dalam dan luar negeri. Salah satu jenisnya, burung murai, pernah disertakan Aji dalam kejuaraan dan lumayan mendapatkan hasil bagus.

"Pernah ikut dalam sebuah kejuaraan di Malang, burung murai saya berhasil menempati peringkat empat. Hasil yang bagus mengingat lawannya adalah burung-burung bagus dan mahal. Sedangkan burung saya ini sudah saya rawat sejak anakan," kata eks pelatih Arema FC.

Ada 20 lebih kandang burung di rumah pelatih berusia 50 tahun itu. Wajar, hobi ini sudah dimulainya sejak masih aktif sebagai pemain.

Selain hobi, bahkan Aji pernah telaten menjadi peternak. Namun ia sudah berhenti karena ingin fokus ke pekerjaan utamanya.

"Saya punya empat burung murai batu, cucak cungkok ada tiga ekor ini asli dari Tiongkok. Burung sikatan londo yang dari Eropa pun saya punya satu ekor. Burung cililin ada dua ekor. Serta beberapa burung kenari," ucapnya.

"Sekarang hanya tinggal beberapa pasang saja. Sebab saya sendiri fokus 100 persen ke sepak bola. Saya khawatir tak bisa konsentrasi ke burung. Jadi untuk sementara ini tak lagi jadi peternak, hanya pehobi," ungkap Aji.

Terakhir, praktik menjual burung peliharaan yang dirawat Aji sejak kecil juga pernah dilakukannya. Untung besar pun ia dapatkan dari menjual burung peliharaannya.

"Burung saya pernah laku Rp 50 juta. Itu termasuk murah. Ada seekor burung murai yang harganya Rp 3 miliar. Punya orang Bandung," ucapnya menutup cerita.


(cas/nds)