sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 07 Jul 2020 19:00 WIB

Kisah Pilu Pesepakbola yang Jual Sepatu Emas demi Bertahan Hidup

Lucas Aditya - detikSport
Khalid Jamlus Eks strriker Timnas Malaysia, Khalid Jamlus, terpaksa melelang sepatu emas untuk bertahan hidup. ( Foto: dok.Istimewa)
Jakarta -

Eks striker Timnas Malaysia, Khalid Jamlus, dulu punya karier oke di sepakbola, tengok saja penghargaan Sepatu Emas yang pernah ia dapatkan. Tapi kini ia harus menjual sepatu emas itu demi bertahan hidup.

Bukannya tanpa sebab Khalid mesti melelang barang-barang bersejarah miliknya. Pria yang kini berusia 43 tahun itu sudah tiga tahun tak memiliki pekerjaan tetap.

Selain sepatu emas, lelang yang dilakukan Khalid lewat Facebook itu juga menawarkan jersey, poster bertanda tangan, dan satu piala yang berhasil dia menangi.

Sepatu emas itu didapat saat menyumbangkan 17 gol untuk Perak FA di Liga Malaysia 2002. Saat itu, dia juga berhasil mengantarkan Perak FA meraih gelar juara.

Untuk sepatu emas yang didapat dari Liga Malaysia 2002, Khalid memberi harga pembukaan sebesar 10,5 ribu ringgit atau Rp 35,4 juta.

Kisah pilu ini, dan usaha Khalid itu, mendapat respons dari banyak orang. Salah satunya wakil menteri pemuda dan olahraga, Wan Fayhsal.

"Assalamualaikum, brother Khalid. Kalau anda bisa datang ke kantor saya minggu depan," kata Fayhsal menghubungi Khalid.

Khalid merupakan pemain Timnas Malaysia di rentang 1998-2005. Dia mengoleksi 27 caps di tim Harimau Malaya, menyumbangkan delapan gol.

Salah satu gol untuk Timnas Malaysia itu diciptakan oleh Khalid ke gawang Indonesia di ajang Piala Tiger 2004. Saat itu, Malaysia tumbang 1-4 dari Skuad Garuda.



Simak Video "Tiba di SUGBK, Bus Timnas Malaysia Dikawal Barracuda"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com