sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 22 Jul 2020 18:05 WIB

Doa Sujud Syukur seperti Aksi Trezeguet Saat Aston Villa Vs Arsenal

Rosmha Widiyani - detikSport
BIRMINGHAM, ENGLAND - JULY 21: Trezeguet of Aston Villa kisses the pitch after the Premier League match between Aston Villa and Arsenal FC at Villa Park on July 21, 2020 in Birmingham, England. Football Stadiums around Europe remain empty due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in all fixtures being played behind closed doors. (Photo by Rui Vieira/Pool via Getty Images) Foto: (Getty Images/Pool)/Doa Sujud Syukur Seperti Aksi Trezeguet usai Aston Villa Vs Arsenal
Jakarta -

Trezeguet melakukan selebrasi sujud syukur usai membawa timnya Aston Villa meraih kemenangan atas Arsenal. Trezeguet melakukan tendangan sudut dengan memanfaatkan umpan bola dari tandukan Tyrone Mings. Seperti apa doa sujud syukur?

Dengan hasil ini, Aston Villa yang menempati posisi 17 menjauh sementara dari zona degradasi. Aston Villa mendapat 34 poin dengan selisih golnya lebih baik defisit satu gol dibanding Watford di peringkat ke-18 klasemen Liga Inggris.

Bagi muslim, sujud syukur atau sujud ash-shukr adalah bentuk rasa syukur atas segala rizki yang diperoleh dari Allah SWT. Nabi Muhammad SAW dikisahkan kerap bersujud tiap kali mendapat atau mendengar sesuatu yang menyenangkan.

Berikut hadits yang menceritakan kebiasaan sujud syukur Rasulullah SAW

حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْخُزَاعِيُّ، وَأَحْمَدُ بْنُ يُوسُفَ السُّلَمِيُّ، قَالاَ حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ، عَنْ بَكَّارِ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي بَكْرَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي بَكْرَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ ـ صلى الله عليه وسلم ـ كَانَ إِذَا أَتَاهُ أَمْرٌ يَسُرُّهُ أَوْ يُسَرُّ بِهِ خَرَّ سَاجِدًا شُكْرًا لِلَّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَ

Artinya: "Seperti diceritakan Abu Bakar, tiap kali Rasulullah SAW mendengar berita atau menerima apa saja yang membuatnya bahagia maka dia akan bersujud sebagai ungkapan terima kasih pada Allah SWT yang Maha Mulia." (HR Ibnu Majah).

Dikutip dari situs About Islam, tata cara sujud syukur tenyata tidak sulit. Sebagai bentuk ibadah yang ingin mengungkapkan rasa terima kasih pada Allah SWT, sujud syukur tak perlu syarat khusus.

"Tidak ada dalam hadits uang membuktikan bersuci, kebersihan pakaian, serta tempat menjadi syarat sujud syukur dan ini adalah pendapat Imam Yahya dan Abu Talib. Hadis-hadis ini juga tidak menyatakan apakah mengucapkan takbir (Allahu Akbar) dilakukan saat sujud syukur," kata ulama Asy-Syaukani dalam kitab hadis Fath Al-`Allam.

Terkait pendapat lain soal tata cara dan doa sujud syukur, hal ini mungkin karena sujud adalah bagian dari sholat yang dilakukan umat Islam. Layaknya sujud dalam sholat, maka sujud saat sujud syukur juga harus dilakukan dalam keadaan suci.

Sujud syukur juga dilakukan menghadap kiblat dan menggunakan pakaian yang bersih. Rangkaian sujud syukur diawali niat, mengucapkan Allahu Akbar, sujud satu kali, dan mengakhirinya dengan ucapan salam seperti ketika sholat. Sujud syukur tidak memerlukan bacaan bacaan khusus, namun ada doa yang bisa dibaca muslim saat melakukannya

Dikutip dari Fataawa Islamiyyah, ulama besar Shaykh Ibn 'Uthaymeen mengatakan, doa sujud syukur dibaca sebelum mengucapkan harapan lain pada Allah SWT. Bacaan doa sujud syukur tentunya sangat sederhana dan mudah dihafal.

"Sujud syukur adalah ungkapan atas terhindarnya suatu musibah atau berkah yang diperoleh dari Allah SWT. Tata cara sujud syukur seperti sujud tilawah di luar sholat. Beberapa ada yang mengatakan perlu wudhu dan takbir, lalu bersujud dan membaca 'Subhaana Rabbiy al-A'laa' (Kemuliaan atas Allah SWT yang Maha Tinggi)'," tulis ulama tersebut dalam situs Islam Question and Answer.

Sementara Ibnu Qudaamah dalam Kitab Al-Mughni mengatakan, bacaan doa sujud syukur sama seperti yang dibaca ketika sholat. Untuk cara dan aturan sujud syukur sama seperti yang dilakukan saat sujud tilawah.

Seperti bentuk ibadah lain, melakukan sujud syukur bagi muslim sebetulnya sangat mudah dan menjadi penyemangat untuk selalu mengingat Allah SWT. Dengan mengungkapkan syukur diharapkan ridho Allah SWT selalu menyertai kehidupan para umat Islam.



Simak Video "Arsenal Tumbang 0-1 dari Aston Villa"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com