sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 02 Okt 2020 16:52 WIB

Dari Manchester United buat Indonesia: Selamat Hari Batik Nasional!

Bayu Baskoro - detikSport
Manchester United batik Manchester United memberikan salam Hari Batik Nasional buat fans di Indonesia. (Foto: Instagram @manchesterunited)
Jakarta -

Indonesia merayakan Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober ini. Manchester United turut mengucapkan selamat buat para penggemarnya di Tanah Air.

Batik merupakan salah satu budaya asli milik Indonesia. Kesenian batik ini sudah dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit dan terus berkembang di beberapa kerajaan yang ada di Nusantara, terutama Pulau Jawa.

Pada awalnya, batik hanya terbatas digunakan sebagai pakaian raja dan keluarga, serta para pengikutnya di dalam kraton. Lambat laun, kesenian ini dibawa keluar dan ditiru masyarakat luas, serta digunakan untuk berbagai kegiatan seperti pernikahan hingga acara-acara resmi lainnya.

Saat ini, batik telah diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. Lembaga PBB yang mengurusi kebudayaan dan pendidikan itu menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Melansir laman resmi UNESCO, batik ditetapkan sebagai warisan kebudayaan dunia pada 2 Oktober 2009. Tanggal tersebut kemudian dijadikan sebagai Hari Batik Nasional oleh pemerintah Indonesia.

Terkait Hari Batik Nasional, ucapan selamat tidak hanya datang dari para pesohor di Tanah Air. Manchester United, klub pemilik titel Liga Inggris terbanyak, turut memberikan pesan perayaan buat para penggemarnya di Indonesia.

Ucapan selamat dari MU itu disampaikan melalui akun resmi Instagram-nya, Jumat (2/10/2020). Klub asal Manchester tersebut mengunggah gambar kartu ucapan berwarna merah dengan hiasan batik motif ketupat.

"Selamat Hari Batik Nasional untuk Indonesia! Mari jaga kelestarian budaya! #NationalBatikDay #HariBatikNasional #MUFC," begitu isi pesan yang dituliskan Manchester United via akun @manchesterunited.

[Gambas:Instagram]

Tonton video 'Hari Batik Nasional, Solo Luncurkan Destinasi Wisata Batik':

[Gambas:Video 20detik]



(bay/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com