sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 20 Okt 2020 10:53 WIB

Sah! Kakek 74 Tahun Jadi Pesepakbola Profesional Tertua di Dunia

Kris Fathoni W - detikSport
Ezzeldin Bahader Ilustrasi Ezzeldin Bahader yang kini sah jadi pesepakbola profesional tertua di dunia. (Foto: Facebook Ezzeldin Bahader)
Jakarta -

Ezzeldin Bahader, seorang kakek enam cucu, sah jadi pesepakbola profesional tertua di dunia. November mendatang, umurnya akan menginjak angka 75 tahun.

Pria yang sudah dikaruniai empat anak dan enam orang cucu ini pada awalnya teken kontrak dengan 6th October Club, klub divisi tiga Mesir, pada bulan Januari lalu.

Ezzeldin Bahader menjalani debutnya lawan Genius di bulan Maret, dengan menjadi kapten dan mencetak gol dari titik penalti. SportsBible menyebut, ia butuh 90 menit tambahan untuk resmi memecahkan rekor sebagai pesepakbola profesional tertua di dunia menurut Guinness World Records.

Pandemi virus Corona, yang bikin kompetisi sepakbola di penjuru dunia terhenti, membuat usaha pemecahan rekor dari kakek Bahader ini pun ikut terimbas.

Namun, pada akhir pekan lalu Ezzeldin Bahader akhirnya sah jadi pesepakbola profesional tertua di dunia, setelah tampil menghadapi sesama klub divisi ketiga Mesir, El Ayat Sports.

Kali ini si pesepakbola veteran itu memang gagal mengeksekusi penalti dalam kekalahan 2-3 timnya. Tapi momen itu tetap istimewa. Apalagi cucu-cucunya ikut menyaksikan penyerahan rekor dunia Guinness World Records buat Ezzeldin Bahader usai laga.

Dengan penampilannya lawan El Ayat Sports, Ezzeldin Bahader memenuhi kriteria Guinness World Records untuk menyandang predikat pesepakbola profesional tertua, beberapa bulan sebelum ulang tahunnya yang ke-75 di bulan November mendatang.

Ezzeldin Bahader mematahkan rekor yang sebelumya dipegang oleh Itzhak Hayk, seorang pesepakbola kelahiran Irak yang lantas pindah ke Israel di tahun 1950. Hayk membuat rekor sebelumnya ketika berusia 73 tahun dan 95 hari.

"Aku bermimpi untuk bisa memecahkan rekorku sendiri satu kali lagi, hanya untuk membuat rekornya jadi lebih sulit dipecahkan," ceplos Bahader usai sah jadi pesepakbola profesional tertua di dunia.

(krs/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com