Wacana Abadikan Maradona dan 'Tangan Tuhan' di Uang Argentina

Kris Fathoni W - Sepakbola
Selasa, 08 Des 2020 18:45 WIB
BUENOS AIRES, ARGENTINA - NOVEMBER 26: A shirt with the image of former football star Diego Maradona hangs on a fence on November 26, 2020 in Buenos Aires, Argentina. Diego Maradona, considered one of the biggest football stars in history, died at 60 from a heart attack on Wednesday in Buenos Aires.  (Photo by Tomas Cuesta/Getty Images)
Wacana Abadikan Maradona dan 'Tangan Tuhan' di Uang Argentina. (Foto: Getty Images/Tomas Cuesta)
Jakarta -

Maradona adalah seorang legenda di Argentina. Gol 'Tangan Tuhan' dari dirinya pun sama ikoniknya. Bagaimana jika keduanya diabadikan dalam lembaran uang Peso Argentina?

Seperti dilansir ESPN, paling tidak hal itulah yang kini sedang menjadi wacana di Negeri Tango. Tepatnya lewat sebuah rancangan dari Senator Norma Durango.

"Idenya adalah bukan cuma memperlihatkan idola kami yang paling besar tapi juga makna ekonominya. Kami merasa, turis yang datang ke sini bakal ingin pulang dengan membawa sebuah (uang) 'Maradona'," kata Durango.

Dalam wacana yang dimiliki oleh senator tersebut, sosok Maradona rencananya ditampilkan dalam satu sisi lembaran uang 1.000 Peso (sekitar Rp 173.628). Di balik lembaran uang yang sama, ada gambar gol 'Tangan Tuhan' dari Maradona.

Maradona, yang meninggal dunia pada 25 November lalu, mencetak dua gol paling ikonik dalam kariernya ketika Argentina menghadapi Inggris di perempatfinal Piala Dunia 1986.

Saat itu Maradona mencetak golnya yang pertama dengan kepalan tinju dari tangannya, yang mengirim bola melewati kiper Peter Shilton. Gol kontroversial itu dilanjutkan Maradona dengan sebuah gol indah lewat giringan bola.

Wacana Norma Durango dalam menampilkan gol 'Tangan Tuhan' di lembaran uang, yang jadi simbol alat tukar resmi di sebuah negara, dianggap sejumlah kalangan kurang pantas. Ada yang menilai ini bisa dimaknai sebagai cara memaklumi sesuatu yang ilegal.

"Idenya adalah demi mengabadikan Maradona, baik atau buruk, yang merupakan orang Argentina paling terkenal seantero dunia. Saya merasa proyek ini mendapatkan respons bagus walaupun sejumlah orang tidak menyetujuinya," tutur sang senator.

(krs/raw)