Tiba Waktu Buka Puasa Saat Laga Bola, Pemain Makan-Minum Dulu

Kris Fathoni W - Sepakbola
Kamis, 15 Apr 2021 17:30 WIB
Ilustrasi Bola, Ilustrasi sepak pojok
Tiba Waktu Buka Puasa Saat Laga Bola, Pemain Makan-Minum Dulu. (Foto: iStock/mikkelwilliam)
Jakarta -

Sebuah laga sepakbola terhenti sejenak. Dengan waktu berbuka puasa sudah tiba, sejumlah pemain yang beragama Islam pun terlihat makan-minum di tepi lapangan.

Kejadian itu hadir dalam sebuah laga sepakbola divisi kedua di Turki. Tepatnya, seperti dilansir SportBible, dalam laga Giresunspor Vs Ankara Keciorengucu pada hari Selasa (13/4/2021).

Disebutkan lebih lanjut bahwa saat itu sudah berjalan sekitar 10 menit dan ada pemain yang cedera. Rupanya, saat itu bertepatan pula dengan waktu berbuka puasa.

Jadilah momen itu dimanfaatkan sejumlah pemain Muslim untuk menyegerakan diri untuk berbuka puasa. Termasuk empat pemain dari Ankara Keciorengucu, yang terlihat berjongkok sambil makan pisang dan minum di dekat garis lapangan bersama staf timnya. Juga ada kiper yang terlihat meminum air mineral di dalam gawang yang dia jaga.



Bulan Suci Ramadhan telah tiba dan pada pekan ini umat Muslim di seluruh dunia pun mulai melakukan ibadah puasa. Di ajang olahraga, khususnya ajang sepakbola, aktivitas para olahragawan pun acapkali menghadirkan kisah tersendiri.

Bintang Liverpool Mohamed Salah, misalnya, yang sempat dikabarkan ingin tetap berpuasa menjelang final Liga Champions 2018 lawan Real Madrid. Saat itu laga final di Ukraina dihelat pada pukul 21.00 waktu setempat, dengan waktu berbuka puasa sekitar setengah jam sebelumnya.

Salah saat itu rencananya akan tetap berpuasa dan baru makan-minum menjelang waktu kick-off pertandingan. Padahal waktu berpuasa di Ukraina pada saat itu mencapai sekitar 18 jam. Tapi sumber lain mengklaim Mohamed Salah tidak jadi berpuasa pada hari final.

Ada pula kisah unik saat kiper Timnas Tunisia pura-pura cedera di tengah-tengah laga uji coba lawan Portugal dan Turki, agar para rekan satu timnya bisa membatalkan puasanya pada waktu berbuka.

Hal itu terjadi juga di tahun 2018, dalam laga-laga internasional menjelang persiapan Piala Dunia 2018. Pada dua laga itu, kiper Mouez Hassen sama-sama sempat terkapar cedera yang diikuti adegan rekan satu timnya ke tepi lapangan untuk berbuka puasa.

Di tahun 2019, pemain Ajax Amsterdam Noussair Mazraoui bahkan menyempatkan diri berbuka puasa di tengah laga sepakbola sembari tetap bermain di atas lapangan.

Hal itu ia lakukan saat jadi starter dalam laga leg kedua semifinal Liga Champions melawan Tottenham Hotspur. Di menit ke-21, Mazraoui terlihat mengudap asupan berenergi untuk berbuka puasa.

(krs/cas)