Bocah Afghanistan Pemakai 'Jersey' Plastik Messi Ingin ke Tempat Aman

Lucas Aditya - Sepakbola
Jumat, 03 Sep 2021 13:01 WIB
Murtaza Ahmadi, bocah Afghanistan yang viral pada 2016 lantaran memakai jersey kantung plastik Lionel Messi.
Murtaza Ahmadi ingin pergi ketempat aman dari Afghanistan. (Foto: dok. UNICEF)
Jakarta -

Bocah Afghanistan pemakai 'jersey' plastik Lionel Messi sedang mencari suaka. Dia ingin pergi dari negaranya ke tempat aman.

Taliban menguasai Kabul pada 15 Agustus 2021. Banyak orang lantas ingin meninggalkan Afghanistan karena merasa tak aman.

Salah satu orang yang ingin mengungsi itu adalah Murtaza Ahmadi. Dia anak kecil yang viral pada 2016 saat mengenakan jersey Argentina dari plastik dengan nomor punggung milik Messi.

Murtaza, yang saat itu berumur 7 tahun, mendapatkan hadiah dari Messi berupa jersey dan bola.

"Saya terjebak di rumah dan saya tak bisa pergi keluar karena saya sangat takut ke Taliban," kata Murtaza ke agensi berita EFE.

"Saya ingin pergi ke tempat aman dari Afganistan. Tolong selamatkan saya dari situasi ini," kata bocah yang kini berusia 10 tahun itu menambahkan.

Kakak Murtaza, Mahdia Ahmadi, juga mengungkap ketakutan tetap berada di Afghanistan.

"Apa yang akan terjadi pada kami? Kami sudah berada di bawah ancaman," kata Mahdia.

Murtaza dan keluarganya merupakan bagian dari kelompok minoritas di Afghanistan, Hazara Shia. Dia sudah merasakan dipersekusi oleh Taliban.

Serangan Taliban ke Ghazni pada 2018, memaksa Murtaza sekeluarga pindah ke Kabul dan tinggal bersama paman dan sepupunya.

Kehidupan Murtaza di Kabul tidak lebih baik ketimbang di Ghazni. Dia tidak memiliki teman dan tempat bermain, serta selalu dihantui teror akibat konflik di ibukota Afghanistan tersebut.



Simak Video "Pendiri Taliban Bantah Diisukan Terbunuh Gegara Bentrok Internal"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/cas)