Eks Bintang Sepakbola Ini Kesal! Namanya Kena Sensor Facebook

Kris Fathoni W - Sepakbola
Kamis, 23 Sep 2021 12:17 WIB
Dmitri Khokhlov
Foto: Getty Images/Epsilon
Jakarta -

Seorang eks pesepakbola, yang kini jadi pelatih, mengajukan gugatan hukum ke Facebook lantaran namanya dianggap tak pantas sehingga kena sensor.

Dmitri Khokhlov, demikian nama sosok yang sedang berperkara dengan perusahaannya Mark Zuckerberg tersebut. Pria 45 tahun itu pernah 53 kali membela timnas Rusia dan kini meniti karier sebagai pelatih.

Seperti dilansir RT.com yang mengutip media Octagon, Khokhlov sudah mengajukan gugatan itu ke pengadilan di Moskow pada bulan Juli. Agenda sidang pendahuluan dilakukan awal bulan ini.

"Namaku kena blok. Aku, teman-temanku, atau kenalanku tak ada yang bisa memakai Facebook dan Instagram dengan wajar," kata Khokhlov.

"Banyak orang yang mengontakku dan bilang setiap namaku di-mention, pasti kena blok. Dan mereka juga kena banned selama satu pekan."

Dmitri KhokhlovDmitri Khokhlov kesal namanya disensor Facebook. Foto: Getty Images/Epsilon

Dengan reputasinya yang bisa dikategorikan sebagai salah satu eks bintang sepakbola, nama Khokhlov sebenarnya cukup rutin berseliweran di media negaranya.

Lantas kenapa nama Dmitri Khokhlov kena sensor Facebook dan media sosial lain yang satu grup seperti Instagram? Ini diduga berkaitan erat dengan nama belakangnya, Khokhlov.

Sejak 2015 muncul laporan bahwa Facebook mulai menyensor kemunculan kata 'khokhol' dan turunan-turunannya, yang pada penggunaan tertentu bisa bermakna merendahkan orang-orang Ukraina -- apalagi saat dilontarkan oleh orang Rusia.

Kemiripan nama belakang Dmitri Khokhlov dengan kata terlarang itulah yang diduga sudah bikin dirinya kena sensor oleh algoritma Facebook.

(krs/cas)