Naik, Naik ke Puncak Gunung... Ada Estadio Leo Messi Buatan Guardiola!

Kris Fathoni W - Sepakbola
Rabu, 25 Agu 2021 12:15 WIB
PARIS, FRANCE - AUGUST 11: Lionel Messi answers journalists during the press conference of Paris Saint-Germain at Parc des Princes on August 11, 2021 in Paris, France. (Photo by Sebastien Muylaert/Getty Images)
Lionel Messi. Foto: Getty Images/Getty Images
Jakarta -

Lionel Messi punya setumpuk pencapaian luar biasa di dunia sepakbola. Sebagai penghormatan buat La Pulga, sebuah lapangan pun dibuat di pegunungan dengan pemandangan mencengangkan.

Estadio Leo Messi. Demikian nama lapangan sepakbola yang merupakan tribute buat Messi tersebut. Lokasinya ada di pegunungan wilayah Mendoza, Argentina. Marca menyebut jaraknya sekitar 1.000 km dari Rosario, kampung halaman Messi.

'Estadio' ini sebenarnya lebih tepat disebut sebagai lapangan sepakbola. Tak ada penerangan. Tak ada garis lapangan. Gawang dan kondisi lapangannya pun bisa dibilang seadanya.

Namun, lapangan mungil ini tetap luar biasa. Letaknya yang ada di pegunungan membuat Estadio Leo Messi punya latar pemandangan luar biasa: bentang pegunungan Andes.

Nah, lapangan ini sendiri adalah buah karya dari seseorang Guardiola. Bukan Josep Guardiola, eks pelatih Lionel Messi di Barcelona, tapi Francisco Javier Guardiola yang berprofesi sebagai chef. Kedua Guardiola itu juga tak punya hubungan apa-apa selain kesamaan nama.

[Gambas:Instagram]


Estadio Leo Messi ini sendiri viral setelah Maca, putri dari Chef Guardiola, mem-posting lapangan itu di media sosial sembari men-tag selebritas Argentina.

"Ayahku bikin stadion di tengah gunung (Mendoza, Argentina) dan menamainya Estadio Leo Messi. Semoga kamu melihatnya, itu adalah impian ayahku. Menurutku ini penghormatan yang lebih baik ketimbang yang diberikan Barcelona," tulisnya.

Francisco Javier Guardiola juga sempat diwawancarai oleh Ole. Ia membahas soal alasan di balik tindakannya membuat Estadio Leo Messi, sebagai bentuk dari keinginannya untuk memberi penghormatan buat seorang Lionel Messi.

"Aku ingin membuat penghormatan kecil buat seseorang yang sudah memberi kebahagiaan besar buat kita semua. Ia bagian dari sejarah, tak cuma di sepakbola tapi juga dalam seni."

"Itu hanyalah penghormatan sederhana dariku. Awalnya itu rahasia, tapi putriku lantas membuatnya jadi ramai ke seluruh dunia," tutur Guardiola si pembuat Estadio Leo Messi.

(krs/cas)