Ucapan Selamat Hari Sumpah Pemuda dari Donnarumma hingga Kepa

Bayu Baskoro - Sepakbola
Kamis, 28 Okt 2021 12:47 WIB
Jakarta -

Indonesia memperingati Sumpah Pemuda pada hari ini. Ucapan selamat diberikan pemain-pemain top Eropa semisal Gianluigi Donnarumma dan Kepa Arrizabalaga.

Hari Sumpah Pemuda diperingati Indonesia setiap tanggal 28 Oktober, atau yang bertepatan pada Kamis (28/10) ini. Peringatan tersebut dilakukan untuk menghormati Kongres Pemuda kedua di Jakarta pada 1928.

Hasil Kongres Pemuda kedua melahirkan keputusan yang kini disebut sebagai Sumpah Pemuda. Isi keputusan tersebut memiliki semangat persatuan dan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Pemerintah Indonesia melalui Keppres No.316 Tahun 1959 menetapkan 28 Oktober sebagai Hari Sumpah Pemuda. Tanggal tersebut menjadi hari nasional yang bukan hari libur, serta diperingati seluruh masyarakat hingga sekarang.

Terkait peringatan Hari Sumpah Pemuda 2021, ucapan selamat tidak hanya diberikan dari dalam negeri. Beberapa pemain dan klub Eropa turut menyampaikan salam kepada para fans di Tanah Air.

Paris Saint-Germain memberikan ucapan selamat lewat akun Twitter @PSGIndonesia. Les Parisiens menampilkan video tiga penggawanya, yakni Gianluigi Donnarumma, Ander Herrera dan Presnel Kimpembe, mengucapkan selamat Sumpah Pemuda dengan Bahasa Indonesia.

"Selamat Hari Sumpah Pemuda! Salam hangat dari @gigiodonna1 @AnderHerrera @kimpembe_3 untuk para pemuda hebat di seluruh Indonesia!" tulis akun @PSGIndonesia.

Ucapan salam Sumpah Pemuda juga disampaikan klub Premier League, Chelsea. The Blues mengunggah video Kepa Arrizabalaga berbahasa Indonesia.

"Selamat Hari Sumpah Pemuda! Salam semangat dari the Blues dan Kepa untuk generasi muda Indonesia," cuit akun @chelseafc_indo.

Klub Inggris lainnya, Manchester City, turut menyampaikan salam Sumpah Pemuda kepada fans di Indonesia. Lewat akun @mancityindo, The Sky Blues mengunggah video Ferran Torres, Oleksandr Zinchenko dan John Stones mengucapkan selamat, plus video gabungan para penggemar di Tanah Air.

"Salam dan semangat Sumpah Pemuda dari pemain City dan Cityzens Indonesia," ujar akun @mancityindo.

(bay/krs)