Football Manager 2022: MU adalah Manchester UFC alias Man UFC

Kris Fathoni W - Sepakbola
Sabtu, 06 Nov 2021 16:00 WIB
Football Manager 2022
Foto: Dok. Sports Interactive
Jakarta -

Dengan game simulasi Football Manager 2022 segera rilis, fans Manchester United harus ingat nama klub kesayangannya sudah tak lagi ada. Siap-siap mencari Manchester UFC alias Man UFC.

Edisi teranyar seri game populer besutan pengembang Sports Interactive itu rencananya akan rilis pada tanggal 9 November mendatang alias tinggal beberapa hari lagi.

Untuk edisi kali ini di FM 2022, atau FM22, takkan ada lagi 'Manchester United'. Tapi klub yang kini ditangani Ole Gunnar Solkjaer itu tidak benar-benar absen, melainkan sekadar ganti nama.

Di Football Manager 2022, paling tidak pada edisi resmi alias tanpa menerapkan patch, data editor, atau mod, nama Manchester United adalah 'Manchester UFC' alias 'Man UFC'.

Kenapa Manchester United jadi Manchester UFC atau Man UFC di Football Manager 2022?

Pada Mei 2020, Manchester United mengambil langkah hukum lewat gugatan ke Sports Interactive dan Sega, yang merupakan publisher game tersebut.

Pada prosesnya pihak yang terlibat mencapai kata sepakat untuk menyelesaikan sengketa itu, dengan meniadakan nama 'Manchester United' mulai dari game Football Manager 2022.

Sports Interactive dan SEGA sendiri masih beranggapan bahwa mereka tidak memerlukan sebuah lisensi untuk menggunakan nama 'Manchester United' di dalam game Football Manager. Tapi perubahan tetap akan dilakukan demi niat baik agar sengketa ini bisa tuntas dengan cara damai. Pihak Manchester United juga puas dengan penyelesaian tersebut.

Manchester United bukan klub pertama yang mempermasalahkan urusan nama di game itu. Sebelumnya ada Juventus, yang berganti nama jadi Zebre di Football Manager 2020 usai menyepakati kerja sama eksklusif dengan pengembang game Konami.

(krs/mrp)