Nostalgia Ali Dia, 'Sepupu' George Weah yang Buat Soton Malu Kena Tipu

Kris Fathoni W - Sepakbola
Minggu, 14 Nov 2021 12:10 WIB
SOUTHAMPTON, ENGLAND - SEPTEMBER 23:  A corner flag is seen prior to the Premier League match between Southampton and Manchester United at St Marys Stadium on September 23, 2017 in Southampton, England.  (Photo by Dan Mullan/Getty Images)
Foto: Dan Mullan/Getty Images
Jakarta -

Di bulan November ini lebih dari dua dekade lalu, nama Ali Dia bikin geger Liga Inggris. Penampilan tunggalnya di Premier League, yang waktu itu disebut sebagai Premiership, bikin Manajer Southampton Graeme Souness malu karena tertipu.

Di tahun 1996, nama George Weah sedang harum-harumnya. Jauh sebelum merintis karier di dunia politik, dan jadi presiden ke-25 Liberia, Weah menggebrak dengan aksi-aksinya di dunia sepakbola.

Sejumlah pencapaian saat itu sudah diraih oleh Weah. Termasuk dua gelar beruntun pesepakbola terbaik Afrika 1994 dan 1995 dan pemain terbaik FIFA 1995.

Maka Souness, yang ketika itu jadi manajer Southampton, sungguh merasa terhormat saat menerima telepon dari sosok yang mengaku sebagai George Weah. Lewat sambungan telepon 'Weah' merekomendasikan seorang pesepakbola. Ali Dia namanya.

Lewat percakapan telepon saat itu, BBC menyebut 'Weah' bilang ke Souness bahwa Dia adalah sepupunya, pernah main di Paris Saint-Germain, bahkan punya 13 caps di timnas Senegal. Souness, yang saat itu juga sedang dipusingkan badai cedera, tertarik dan sepakat untuk mengikat Ali Dia dengan kontrak trial berdurasi satu bulan.

Rencana awal Souness saat itu adalah menguji kebolehan Ali Dia di sejumlah sesi latihan dulu. Tapi, lagi-lagi, perkara badai cedera membuatnya berubah pikiran. Tanggal 23 November 1996 pun jadi momen bersejarah.



Pada saat itu, Ali Dia sudah duduk di bangku cadangan ketika Soton berhadapan dengan Leeds United. Tak cuma itu, Souness memainkannya ketika Matt Le Tissier cedera usai 32 menit laga berjalan.

"Souness secara mengejutkan memainkan pemain internasional Senegal Ali Dia untuk debut Premiership-nya setelah pemain itu baru satu pekan trial di klub," tulis laporan pertandingan oleh Sunday Mirror.

"Tapi Dia, rekan dekat dari megabintang AC Milan George Weah, membuang peluang emas lewat tendangan pertamanya dan ditarik keluar di tengah laga untuk digantikan Ken Monkou."

Soton ternyata bukanlah satu-satunya korban tipu-tipu itu. Ali Dia juga sempat mampir di sejumlah klub lewat proses serupa: telepon rekomendasi 'George Weah'. Simak di halaman selanjutnya.