Patung Cristiano Ronaldo Diresmikan di India, Tuai Kritikan

Bayu Baskoro - Sepakbola
Kamis, 30 Des 2021 17:24 WIB
LONDON, ENGLAND - OCTOBER 30: Cristiano Ronaldo of Manchester United celebrates after scoring their teams first goal during the Premier League match between Tottenham Hotspur and Manchester United at Tottenham Hotspur Stadium on October 30, 2021 in London, England. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
Cristiano Ronaldo diabadikan menjadi patung di India. (Foto: Getty Images/Catherine Ivill)
Calangute -

Cristiano Ronaldo mendapat penghargaan berupa patung diri dari salah satu kota di India. Peresmian monumen CR7 itu mendapat kritikan masyarakat lokal.

Patung anyar Ronaldo diresmikan di kota Calangute, Negara Bagian Goa, India, Rabu (29/12/2021). Monumen tersebut menampilkan sosok bintang Manchester United dengan warna keemasan.

Menukil laporan The Sun, patung Ronaldo di Calangute menghabiskan dana senilai 120 ribu rupee (Rp 23 juta). Ini menjadi monumen Ronaldo pertama yang berdiri di tanah India.

Peresmian patung Ronaldo ini dihadiri langsung Menteri Goa, Michael Lobo. Dia menyebut pembangunan monumen ini ditujukan untuk menginspirasi para pesepakbola muda India.

"Untuk kecintaan akan sepakbola dan permintaan para pemuda, kami membangun patung Cristiano Ronaldo di taman untuk menginspirasi anak-anak muda untuk membawa sepakbola ke tingkat yang lebih tinggi lagi," kata Lobo dalam akun Twitter miliknya.

"Merupakan suatu kehormatan untuk meresmikan keindahan ruang terbuka, lansekap, taman dengan fondasi dan jalan setapak," ujarnya.

Peresmian patung Cristiano Ronaldo di Calangute tidak lepas dari kritik. Beberapa masyarakat lokal keberatan lantaran patung yang didirikan merupakan sosok asing dan bukan pahlawan sepakbola India.

"Ada begitu banyak pesepakbola hebat dari Calangute seperti Bruno Coutinho dan Yolanda D'Souza, yang telah membawa kemenangan ke India dengan bermain sepakbola di tingkat internasional," kata presiden forum konstituensi Calangute, Premanand Divkar, dilansir dari The Sun.

"Mengapa patung mereka tidak dipasang? Mereka berasal dari Calangute. Kenapa malah patung pemain Portugal yang dipasang?" ujarnya.

(bay/rin)