Usia 47 Tahun Ze Roberto Kekarnya kayak Gini, CR7 pun Kalah?

ADVERTISEMENT

Usia 47 Tahun Ze Roberto Kekarnya kayak Gini, CR7 pun Kalah?

Kris Fathoni W - Sepakbola
Rabu, 05 Jan 2022 16:40 WIB
Ze Roberto
Usia 47 Tahun Ze Roberto Kekarnya kayak Gini, CR7 pun Kalah? Foto: Dok. Instagram @zr11
Jakarta -

Karier sepakbola Ze Roberto sudah lama berlalu, tapi ia masih terus menempa fisik. Dengan tubuh kekarnya saat ini, di usia 47 tahun, ia pun yakin masih lebih oke dari Cristiano Ronaldo yang lebih muda nyaris satu dekade.

Dalam kariernya di lapangan sepakbola dulu, Ze Roberto punya setumpuk trofi. Sebut saja lima gelar juara liga (empat dengan Bayern Munich dan satu bersama Real Madrid) dan trofi Liga Champions bersama El Real.

Tidak cuma di klub, Ze Roberto juga kinclong di timnas. Dua gelar juara Copa America pernah diraihnya bersama timnas Brasil, yakni pada 1997 dan 1999.

BARCELONA, SPAIN - APRIL 08:  Ze Roberto of Bayern Munich controls the ball during the UEFA Champions League quarter final first leg match between FC Barcelona and FC Bayern Munich at the Camp Nou stadium on April 8, 2009 in Barcelona, Spain. Barcelona won the match 4-0.  (Photo by Jasper Juinen/Getty Images)Ze Roberto semasa di Bayern Munich. Foto: Getty Images/Jasper Juinen

Kini usia Ze Roberto sudah 47 tahun. Karier bermainnya, secara profesional, sudah berhenti sejak 2017 ketika di Palmeiras.

Dengan usia yang sudah mendekati setengah abad, tubuh Ze Roberto justru terlihat makin liat. Sejak pensiun, ia memang rutin olah tubuh dalam menekuni profesi sebagai pelatih kebugaran pribadi.

"Aku tak punya kebiasaan buruk. Aku tak minuman beralkohol, aku tak merokok, aku makan dengan baik, tidur dengan cukup," kata Ze Roberto seperti dikutip The Sun, mengenai rahasia tubuh kekarnya.

MANCHESTER, ENGLAND - SEPTEMBER 29: Cristiano Ronaldo of Manchester United celebrates with Diogo Dalot after scoring their side's second goal during the UEFA Champions League group F match between Manchester United and Villarreal CF at Old Trafford on September 29, 2021 in Manchester, England. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)Tubuh kekar Cristiano Ronaldo. Foto: Getty Images/Laurence Griffiths

Pada satu waktu, Ze Roberto bahkan pernah sesumbar bahwa dirinya punya fisik lebih baik ketimbang Cristiano Ronaldo yang bisa dibilang menjadi tolok ukur tingkat kebugaran fisik buat pesepakbola dalam kariernya.

"Hari ini aku bisa bilang punya fisik yang lebih baik karena dulu masih bisa main sampai 43 tahun. Jika ia bisa melakukan itu, barulah aku akan bilang dia (yang fisiknya lebih baik)," ujar Ze Roberto kepada TyC Sports.

(krs/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT