Piala Dunia dan 'Masalah' Suporter Cantik Disorot Kamera

Afif Farhan - Sepakbola
Jumat, 01 Apr 2022 12:42 WIB
MOSCOW, RUSSIA - JULY 15:  A Croatia fan enjoys the pre match atmosphere prior to the 2018 FIFA World Cup Final between France and Croatia at Luzhniki Stadium on July 15, 2018 in Moscow, Russia.  (Photo by Matthias Hangst/Getty Images)
Piala Dunia dan 'Masalah' Suporter Cantik Disorot Kamera (Getty Images)
Jakarta -

FIFA pelan-pelan mau melarang cameraman untuk tidak menyorot fans cantik di stadion kala perhelatan Piala Dunia. Itu jadi masalah dan memunculkan perdebatan!

Ketika Piala Dunia berlangsung, para suporter ramai-ramai datang ke stadion. Tak terkecuali, para suporter wanita.

Suporter wanita tak cuma ikut mendukung timnasnya. Bak fashion show, mereka tampil dengan beragam kostum untuk makin menyemarakkan suasana. Tak sedikit dari mereka, untuk tampil cantik dan seksi.

Hal itu turut menyita perhatian cameraman. Alhasil, gaya para suporter wanita itu disorot dan disaksikan jutaan mata dari layar kaca.

MOSCOW, RUSSIA - JULY 15:  A Croatia fan enjoys the pre match atmosphere prior to the 2018 FIFA World Cup Final between France and Croatia at Luzhniki Stadium on July 15, 2018 in Moscow, Russia.  (Photo by Matthias Hangst/Getty Images)Para suporter wanita yang datang ke stadion dengan memakai beragam kostum (Getty Images)

Dilansir dari Daily Star, aksi suporter wanita yang disorot kamera disebut sebagai 'honey shot'. Itulah yang akhirnya menjadi perdebatan!

Ada pihak yang mengecam, kalau cameraman yang menyorot suporter wanita dan mengeksposnya dinilai tidak etis. Sebab, membuat wanita sebagai obyek sorotan.

Tapi di lain pihak, hal itu dinilai sah-sah saja. Sebab ujung-ujungnya, tentu untuk membuat ajang Piala Dunia makin meriah.

Head of Sustainability & Diversity FIFA, Federico Addiechi menjelaskan kalau praktik cameraman menyorot suporter cantik akan coba dikurangi. Addiechi akan coba melakukan secara perlahan tapi tidak secara tegas akan menyetopnya.

"Ini adalah salah satu aksi yang pasti akan kami lakukan di masa depan," terangnya.

"Kami telah melakukannya berdasarkan kasus per kasus. Kami telah melakukannya secara bertahap," sambungnya.

Natalia Betancourt, seorang suporter Kolombia merupakan salah satu suporter cantik yang disorot kamera pada ajang Piala Dunia 2014. Ketika itu dirinya menyaksikan laga timnasnya kontra Brasil.

Paras Betancourt langsung menyita perhatian. Banyak netizen penasaran dan akhirnya ketemulah media sosialnya, yang makin viral dirinya.

Dari situ, Betancourt seperti mendapat durian runtuh. Dirinya langsung ditawari jadi model dan hingga kini sudah jadi bintang iklan sana-sini. Bahkan followers Instagram-nya sampai menyentuh angka 1 juta!

"Saya tidak tahu kamera akan menyorot saya," katanya kepada BBC 100 Women.

"Itu beberapa detik momen yang menyenangkan dan akhirnya saya tidak menduga akan sampai sejauh ini," tutupnya.

Natalia BetancourtNatalia Betancourt (Screenshot/Youtube)
(aff/krs)