ADVERTISEMENT

Pajang Foto Raheem Sterling di Berita Pelecehan Seksual, BBC Minta Maaf

Yanu Arifin - Sepakbola
Jumat, 15 Jul 2022 04:00 WIB
Raheem Sterling diumumkan sebagai pemain anyar Chelsea, Rabu (13/7/2022) malam WIB. Dia dibeli dari Manchester City dan diikat kontrak selama lima tahun.
Raheem Sterling. (Foto: dok. Chelsea)
London -

BBC News membuat kesalahan fatal saat memberitakan kasus pelecehan seksual. Media asal Inggris itu memasang foto Raheem Sterling dalam narasinya.

Kejadian itu terlihat di saluran BBC News pada Kamis (14/7/2022). Saat memberitakan kasus pelecehan seksual oleh pesepakbola di Liga Inggris, BBC menampilkan wajah Sterling.

Saat presenter Mike Bushell membacakan berita, terlihat wajah Sterling di layar kaca. Sterling yang diperlihatkan adalah Raheem Sterling, pemain baru Chelsea.

Sterling, yang dalam foto tersebut mengenakan jersey Chelsea, bukanlah sosok yang disebut BBC terlibat kasus yang diberitakan. Sang pemain tidak terlibat dan tidak terkait sama sekali dengan berita tersebut.

BBC memang salah dalam memasang foto berita itu. Media tersebut kemudian langsung membuat permintaan maaf di program berikutnya.

"Dalam buletin olahraga kami sebelumnya, karena kesalahan teknis, gambar yang salah muncul sehubungan dengan kisah seorang pemain Liga Premier yang ditangkap karena dugaan pelanggaran seksual," tulis pernyataan BBC.

"Gambar pemain yang berbeda dan sama sekali tidak terkait dengan pemberitaan ditampilkan. Kami mohon maaf atas kesalahan itu," demikian pernyataan BBC.

Adapun laporan BBC adalah soal pemain Liga Inggris, yang tidak disebutkan namanya, ditangkap di kawasan Barnet, London Utara 4 Juli lalu. Pemain itu diciduk atas tuduhan pemerkosaan terhadap wanita berusia 20 tahunan pada Juni.

Sang pemain kemudian dijerat lagi dengan tuduhan memperkosa wanita yang berbeda pada April dan Juni 2021. Pemain berusia 29 tahun itu membantah tuduhan itu dan telah ditebus pada Agustus. Klub Liga Premier, yang juga tidak disebutkan BBC, mengkonfirmasi saat ini tidak mengambil tindakan terhadap pemain tersebut.

(yna/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT