ADVERTISEMENT

Transfer Luis Figo ke Real Madrid Difilmkan di Netflix

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 18 Agu 2022 20:00 WIB
BARCELONA, SPAIN:  Barcelona supporters burn a portrait of Portugese player Luis Figo, 21 October 2000 who left the club for Real Madrid this season, during the 1st divison match of the Spanish championship, Barcelona vs Real Madrid, at the Nou Camp in Barcelona. (Photo credit should read CHRISTOPHE SIMON/AFP via Getty Images)
Transfer kontroversial Luis Figo ke Real Madrid bakal difilmkan (AFP via Getty Images/CHRISTOPHE SIMON)
London -

Transfer Luis Figo dari Barcelona ke Real Madrid adalah salah satu yang paling kontroversial di sepakbola. Netflix bakal membuatkan dokumenternya.

Figo mengguncangkan dunia saat menerima tawaran pindah ke Madrid pada tahun 2000, sekaligus mewujudkan janji kampanye Florentino Perez saat ingin jadi presiden klub. Padahal Figo berstatus bintang sekaligus kapten Barcelona saat itu.

Namun, manajemen klub tak kuasa ketika Madrid menawarkan uang 62 juta euro untuk memboyong Figo, yang langsung jadi pemain termahal dunia itu. Kepergian Figo lantas mematik amarah pendukung Barcelona.

Ketika Figo melakoni El Clasico pertamanya di Camp Nou, dia pun mendapat sambutan yang horor dari fans Barcelona. Bahkan saat Figo hendak mengambil korner, dia sampai dilempari benda-benda termasuk kepala babi.

Itu jadi simbol pengkhianatan yang dilakukan Figo dan membuatnya jadi musuh abadi suporter klub Catalan itu. Kehebohan transfer Figo saat itu membuat rumah produksi asal Inggris Pitch Producion tertarik untuk menjadikannya sebagai dokumenter dengan judul 'El Caso Figo'.

Bekerjasama dengan layanan streaming Netflix, Pitch Production akan membuat cerita soal kepindahan Figo, bukan pada kariernya di Real Madrid. Dokumenter nanti berisikan drama yang terjadi di belakang layar selama proses negosiasi dan bagaimana ide transfer Figo itu bisa muncul.

Lalu, ada juga sejarah rivalitas Real Madrid dan Barcelona serta perbedaan budaya. Sutradara dokumenter itu adalah David Tryhorn dan Ben Nicholas, yang sukses dengan film biopik Pele di Netlifx tahun lalu.

"Setelah sukses dengan Pele, Ben dan saya senang bisa berpartner lagi dengan Netflix untuk membuat film 'El Caso Figo'. Sulit sekali untuk membuat dokumenter olahraga yang benar-benar baru, bukan sekadar biografis atau cerita sukses, jadi kami yakin 'El Caso Figo' itu unik. Fokus pada transfer ketimbang karier Figo, film ini menceritakaan soal kebenaran, ketamakan, moral, dan kerja di balik layar dalam dunia sepakbola," ujar Tryhorn seperti dikutip Variety.

Ini bukan kali pertama Pitch Production membuat dokumenter olahraga seperti Pele dan Figo. Sebelumnya mereka membuat Andy Murray: Resurfacing dan All or Nothing: Brazil National Team di Amazon, lalu mini-seri Neymar berjudul The Perfect Chaos.

"Kami senang sekali karena semua orang yang terlibat dalam deal itu mau ikut gabung ke dokumenter ini. Semuanya, mulai dari Florentino Perez hingga Pep Guardiola, mau meluangkan waktunya. Tapi yang terpenting adalah Luis Figo yang mau ikut serta, dia ingin sekali membeberkan rahasia di balik transfer itu setelah semuanya jadi misteri dalam dua dekade ini."

Mau menyaksikan El Caso Figo? Silakan tonton di Netflix pada 25 Agustus.



Simak Video "Perpisahan Emosional Marcelo dengan Real Madrid"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT