DetikSepakbola
Rabu 14 Desember 2016, 21:05 WIB

AFF Suzuki Cup 2016

Comeback, Indonesia Kalahkan Thailand 2-1

Femi Diah - detikSport
Comeback, Indonesia Kalahkan Thailand 2-1 Foto: Rachman Haryanto
Bogor - Timnas Indonesia mendapatkan modal positif di leg pertama final AFF Suzuki Cup 2016. Sempat tertinggal lebih dahulu dari Thailand, skuat Garuda akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1.

Dalam leg pertama disaksikan 30 ribu penonton yang memenuhi tribune Stadion Pakansari, Rabu (14/12/2016), Indonesia sempat tertinggal 0-1 lebih dulu. Gawang Kurnia Meiga kebobolan oleh sundulan Teerasil Dangda pada menit ke-33.

Memasuki babak kedua, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan lewat Rizky Pora pada menit ke-66. Hansamu Yama berhasil menunjukkan diri lagi sebagai pahlawan Indonesia. Gol yang dibuatnya pada menit ke-70 memastikan kemenangan 'Merah Putih' 2-1.

Kemenangan ini menjadi bekal bagus bagi Indonesia untuk menghadapi pertemuan kedua dengan Thailand yang akan dilangsungkan di Bangkok pada Sabtu (17/12/2016) mendatang.

Jalannya pertandingan

Kedua tim mengawali pertandingan dengan ritme lambat. Indonesia dan Thailand sama-sama membiarkan bola bergulir di area tengah.

Barulah setelah memasuki menit keenam, Thailand mencoba untuk menyerang. Upaya Fachruddin Aryanto untuk membantu mengamankan gawang Indonesia dengan tandukannya disambar oleh Tristan Do. Beruntung buat Indonesia, tembakannya masih melebar.

Thailand mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol lagi. Memanfaatkan kesalahan Rizky Pora, Chanathip Songkrasin mencoba membuat keunggulan untuk Thailand. Namun sepakannya masih bisa diantisipasi Kurnia Meiga.

Memasuki menit ke-10, Andik Vermansah mendapatkan cedera. Setelah mendapatkan perawatan, Andik masih bisa melanjutkan pertandingan.

Giliran Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menyerang. Stefano Lilipaly berusaha untuk mengecoh pemain Thailand dan segera membuat tembakan jarak jauh. Namun sepakannya masih melenceng jauh dari gawang.

Andik kembali terkapar di atas rumput pada menit ke-19. Kali ini, kondisinya lebih parah hingga tak bisa melanjutkan pertandingan. Posisinya digantikan Zulham Zamrun.

Kedua tim saling bertukar serangan. Namun tidak ada gol yang terjadi.

Akhirnya Thailand berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-33. Menyambut umpan silang Theerathon Bunmathan, Teerasil Dangda menyambut dengan tandukan dan diarahkan ke gawang Indonesia. Serangan itu tak bisa diantisipasi Kurnia Meiga.

Bagi Dangda, gol itu menjadi gol keenamnya di ajang ini. Dangda menjadi topskorer di Piala AFF ini untuk sementara.

Boaz Solossa mencoba untuk menyamakan kedudukan di menit ke-34. Namun, sepakannya masih menghantam sisi luar gawang Thailand.

Kedudukan tak berubah hingga turun minum. Thailand masih unggul sementara 1-0 atas Indonesia.

Memasuki babak kedua Indonesia malah kian kepayahan mengantisipasi serangan-serangan Thailand.

Gawang Indonesia sudah terancam pada menit ke-47. Pokklaw A-Nan berhasil melewati Abduh Lestaluhu. Namun, upayanya masih bisa dihentikan Kurnia Meiga.

Gawang Indonesia kembali mendapatkan serangan. Kali ini Dangda mencoba mencetak gol lagi. Namun, Kurnia Meiga berhasil membloknya.

Upaya Indonesia untuk menyamakan kedudukan akhirnya berhasil. Rizky Pora menggiring bola menuju area penalti gawang Thailand. Sepakannya dari luar kotak penalti membentur punggung Tristan Do hingga berbelok ke arah gawang. Kedudukan imbang 1-1.

Gol kedua untuk Indonesia. Namun, ternyata offside.

Indonesia kemudian mendapatkan kesempatan tendangan sudut yang disambut oleh Hansamu Yama dengan tandukannya pada menit ke-71. Bagi Hansamu itu menjadi gol keduanya untuk timnas pada turnamen ini. Indonesia berbalik unggul 2-1.

Memasuki menit-menit terakhir, Indonesia kembali tertekan.

Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menambah gol lagi pada menit ke-89. Berawal dari Ferdinan Sinaga, Lerby mencoba untuk menembak gawang Thailand. Namun upaya Lerby masih mendapatkan blok kiper Thailand Thamsatchanan.

Tak ada tambahan gol hingga wasit meniup peluit panjang. Indonesia unggul 2-1 di akhir pertandingan.

Leg kedua final AFF Suzuki Cup 2016 dijadwalkan Sabtu (17/12/2016) mendatang di Stadion Rajamangala, Bangkok.

Susunan pemain:

Indonesia: Kurnia Meiga, Benny Wahyudi (Lerby Eliandry 69'), Fachruddin Aryanto, Hansamu Yama Pranata, Abduh Lestaluhu, Manahati Lestusen, Bayu Pradana, Stefano Lilipaly, Andik Vermansah, Rizky Pora, Boaz (Ferdinan SInada 78')

Thailand: Kawin Thamsatchanan, Theerathon Bunmathan, Adison Promrak, Koravit Namwiset, Tristan Do, Kroekrit Thawikan (Peerapat Notchaiya 68'), Sarach Yooyen, Chanathip Songkrasin, Pokklaw A-Nan (Charyl Chappuis 80'), Teerasil Dangda, Sarawut Masuk (Siroch Chatthong 73')

Saksikan video dari 20detik di sini:

(fem/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Mitra Kukar Puas Bisa Atasi Kelelahan

    Sepakbola | Minggu 25 Februari 2018, 20:00 WIB Mitra Kukar berhasil meraih kemenangan dengan mengalahkan PSIS Semarang 3-1. Pelatih Mitra Kukar Rafael Berges Marin mengungkapkan, para pemainnnya kelelahan.
  • Musim Terakhir Reina di Napoli?

    Sepakbola | Minggu 25 Februari 2018, 19:30 WIB Kiper veteran Pepe Reina memasuki tahun terakhir kontraknya di Napoli. Reina mengisyaratkan akan hengkang di akhir musim nanti.
  • Foto Sepakbola

    Melihat Langsung Aksi Trio BBC Madrid Melumat Alaves

    Sepakbola | Minggu 25 Februari 2018, 15:39 WIB Atmosfer Santiago Bernabeu penuh dengan puja-puji chant untuk trio BBC kala menjamu Deportivo Alaves. Pengalaman ini dirasakan langsung dari pantauan detiksport
  • Piala Gubernur Kaltim 2018

    Mitra Kukar Benamkan PSIS 3-1

    Sepakbola | Minggu 25 Februari 2018, 17:59 WIB Mitra Kukar meraih kemenangan telak ketika berhadapan dengan PSIS Semarang di partai Grup A Piala Gubernur Kaltim (PGK) 2018. Mitra Kukar membenamkan PSIS 3-1.
  • Tentang Performa Kuartet MCSD Barcelona

    Sepakbola | Minggu 25 Februari 2018, 16:58 WIB Untuk kali pertama, Barcelona bisa menurunkan kuartet MCSD. Keempatnya berkontribusi aktif dalam semua gol-gol yang dicetak Blaugrana ke gawang Girona.
  • BBC Bikin Gol Lagi Setelah Hampir Dua Tahun

    Sepakbola | Minggu 25 Februari 2018, 06:14 WIB Real Madrid memetik kemenangan atas Alaves. Gareth Bale, Karim Benzema, dan Cristiano Ronaldo kembali mencetak gol bersama lagi setelah hampir dua tahun.
  • Jelang Final Liga Inggris

    Arsenal Harus Bisa Meredam De Bruyne

    Sepakbola | Minggu 25 Februari 2018, 15:58 WIB Salah satu pemain yang mesti diwaspadai Arsenal adalah Kevin de Bruyne. Bek Arsenal Shkodran Mustafi memperingatkan rekan-rekannya agar De Bruyne dijaga ketat.
  • Blunder Kocak: Gawang Bobol karena Kiper Haus

    Sepakbola | Minggu 25 Februari 2018, 14:43 WIB Sebuah blunder kocak terjadi di laga sepakbola kompetisi liga Jerman. Gawang seorang kiper bobol saat ia hendak mengambil botol minum karena merasa haus.
  • Final Piala Liga Inggris

    Wenger Percaya Aubameyang Akan Makin Sip Usai Rihat

    Sepakbola | Minggu 25 Februari 2018, 14:41 WIB Pierre-Aubameyang akan kembali memperkuat Arsenal melawan Manchester City di final Piala Liga Inggris. Arsene Wenger yakin Aubameyang akan kembali tampil oke.
  • Musim Ini Madrid Sudah Cetak 103 Gol

    Sepakbola | Minggu 25 Februari 2018, 13:58 WIB Berkat gol teranyar, Real Madrid kini sudah mencetak 103 gol musim 2017/2018. Madrid disebut sebagai tim Spanyol pertama yang menembus 100 gol musim ini.
  • Jelang Final Piala Liga Inggris

    Tekad Para Pemain Arsenal Persembahkan Trofi buat Wenger

    Sepakbola | Minggu 25 Februari 2018, 11:02 WIB Dalam karier Arsene Wenger di Arsenal, trofi Piala Liga Inggris menjadi salah satu yang belum ia raih. Akhir pekan ini para pemainnya bertekad mengubah itu.
  • 20detik

    Video Mesranya Suarez-Coutinho Bikin Gol

    Sepakbola | Minggu 25 Februari 2018, 09:51 WIB Barcelona menang telak 6-1 dalam derby Catalunya melawan Girona. Dalam laga ini, Suarez dan Coutinho saling bergantian memberikan assist untuk menceploskan gol.
  • 20detik

    Video Saat Trio BBC Kembali Tajam

    Sepakbola | Minggu 25 Februari 2018, 09:24 WIB Real Madrid memetik kemenangan atas Alaves. Trio BBC (Gareth Bale, Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo) kembali mencetak gol bersama. Lihat nih aksi mereka.
  • Coutinho Pelan-pelan Mulai Memahami Barca

    Sepakbola | Minggu 25 Februari 2018, 07:46 WIB Philippe Coutinho bikin gol dan assist saat Barcelona melumat Girona 6-1. Pemain asal Brasil itu mengaku pelan-pelan mulai memahami gaya bermain Blaugrana.
  • Pikiran Inter Mudah Melayang ke Mana-mana

    Sepakbola | Minggu 25 Februari 2018, 08:17 WIB Inter Milan sudah payah menaklukkan Benevento. Pelatih Inter Luciano Spalletti menyebut periode sulit membuat timnya tak bisa fokus.
  • Valverde: Messi Bikin Semuanya Jadi Mudah

    Sepakbola | Minggu 25 Februari 2018, 07:10 WIB Ernesto Valverde memberi pujian untuk Lionel Messi usai Barcelona mencukur Girona. Messi membuat semuanya menjadi lebih mudah.
  • Jelang MU vs Chelsea

    Conte Mengenang Matic

    Sepakbola | Minggu 25 Februari 2018, 06:26 WIB Antonio Conte menyimpan respek besar untuk Nemanja Matic yang kini berseragam Manchester United. Conte masih menyiratkan kekecewaan atas perginya Matic.
  • Inter Kalahkan Benevento 2-0

    Sepakbola | Minggu 25 Februari 2018, 04:46 WIB Inter Milan meraup tiga poin saat menghadapi tim promosi Benevento dalam giornata ke-26 Liga Italia. Nerazzurri menang 2-0.
  • Suarez Hat-trick, Barcelona Cukur Girona

    Sepakbola | Minggu 25 Februari 2018, 04:39 WIB Barcelona mencukur Girona dalam lanjutan Liga Spanyol. Luis Suarez mencetak hat-trick, Los Cules memetik kemenangan besar dengan skor akhir 6-1.