DetikSepakbola
Selasa 18 Apr 2017, 21:10 WIB

Masalah KITAS Essien Jadi Pemberitaan Media Eropa

Randy Prasatya - detikSport
Masalah KITAS Essien Jadi Pemberitaan Media Eropa Foto: ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra
Jakarta - Bulan lalu Michael Essien menghebohkan media asing saat bergabung dengan Persib Bandung. Kini dia kembali jadi pemberitaan, tapi karena masalah hukum.

Essien merupakan pemain asing Persib Bandung berlabel marquee player yang belum memiliki KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara). KITAS merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi para pelajar atau pekerja asing yang berada di Indonesia.

Essien bukan satu-satunya pemain asing di Persib yang belum mengantongi KITAS dari imigrasi. Sejauh ini, ada nama seperti Carlton Cole, yang juga belum mengurus izin penting tersebut.

[Baca Juga: Ini 11 Klub yang Pemain Asingnya Belum Punya KITAS]

Karena hal itu, Essien dan Cole mendapat sorotan tajam dari berbagai media asing ternama. The Sun, media asal Inggris menulis dengan judul "Michael Essien dan Carlton Cole 'terancam hukuman penjara' setelah melanggar undang-undang imigrasi yang ketat Indonesia."

Foto: ist.


Di dalam berita tersebut, The Sun menjelaskan bahwa Essien dan Cole adalah mantan pemain Liga Primer Inggris, yang bermain secara ilegal di Indonesia. The Sun juga menyebut nominal denda dan ancaman hukuman lima tahun penjara.

Sky News juga tak mau ketinggalan. Media tersebut menulis dengan judul "Michael Essien dan Carlton Cole berhadapan dengan penyidik imigrasi Indonesia."

Berita di Sky tak jauh berbeda dengan di The Sun. Dalam berita itu memuat komentar pembelaan manajer Persib Umuh Muchtar, yang menyebut bahwa Essien pemain kelas dunia dan bukan seorang imigran ilegal.

Foto: ist.


Sementara itu, media Prancis L'Equipe juga punya berita yang sama. Mereka memuat berita serupa dengan judul "Michael Essien tidak memiliki izin kerja di Indonesia."

Foto: ist.


Meski hanya Essien dan Cole yang menjadi sorotan media besar di Eropa, sejatinya sampai saat ini BOPI menyampaikan bahwa ada 25 pemain asing dari 11 klub yang belum memiliki KITAS.
(din/din)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed