DetikSepakbola
Kamis 07 September 2017, 20:40 WIB

Piala AFF U-18

Indonesia Hancurkan Filipina 9-0

Randy Prasatya - detikSport
Indonesia Hancurkan Filipina 9-0 Foto: dok.Humas PSSI
Jakarta - Timnas Indonesia U-19 berhasil menggulung Filipina 9-0. Kemenangan ini membuat mereka memimpin Grup B Piala AFF U-18.

Bermain di Tuwanna Stadium, Kamis (7/9/2017) malam WIB, Indonesia terlalu perkasa untuk tim Filipina. Skuat polesan Indra Sjafri mampu melesakkan lima gol ke gawang lawan pada babak pertama. Feby Eka Putra, dan masing-masing dua gol Egy Maulana Vikri serta gol Muhammad Iqbal, membuat Indonesia sudah unggul telak saat turun minum.

Di babak kedua Indonesia berhasil menceploskan empat gol yang dua di antaranya lahir lewat kaki Feby. Tambahan dua gol itu sekaligus membuat Feby mencatatkan hat-trick pertama bagi Garuda Muda di ajang Piala AFF U-18 tahun ini. Dua gol lainnya berhasil dilesakkan Muhammad Rafli dan Resky Fandy.


Dengan kemenangan ini, untuk sementara Indonesia bercokol di puncak klasemen Grup B dengan enam poin dari hasil dua laga. Mereka dikuntit oleh Vietnam di posisi kedua yang punya tiga poin dari hasil satu laga.

Jalannya Pertandingan:

Indonesia langsung mengontrol permainan di awal-awal laga. Skuat Indra Sjafri menerapkan permainan dengan umpan-umpan pendek cepat.

Filipina mampu mengancam gawang Indonesia lebih dulu di menit ketiga, setelah Mariano Jr.Mallari Suba mencuri bola dari pemain Garuda Muda. Suba langsung melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, beruntung Muhamad Riyandi bisa menepis bola keluar lapangan.

Di menit ketujuh Indonesia berhasil mencuri gol lebih dulu. Feby melepaskan tembakan dari luar kotak penalti setelah menerima sodoran bola dari rekannya. Bola hasil sepakan Feby melengkung masuk ke sudut kanan atas gawang Quincy Julian Boltron Kammeraad setelah terlebih dulu membentur mistar. 1-0 Indonesia memimpin.

Indonesia nyaris menggandakan skor di menit ke-10. Egy, yang mendapat umpan terobosan melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Namun, tendangan pemain bernomor punggung 10 itu masih terlalu lemah.

Skuat Garuda Muda berhasil melesakkan gol kedua di menit ke-21. Sepak pojok yang didapat Indonesia berhasil menciptakan kemelut di kotak penalti Filipina. Egy, yang berdiri bebas sukses menceploskan bola liar ke jala gawang lawan.

Selang empat menit kemudian Indonesia memperlebar keunggulan menjadi 3-0. Kali ini giliran Muhammad Iqbal yang merobek gawang Filipina setelah menyambar umpan dari Asnawi Mangkualam.

Indonesia mendapat kesempatan untuk mencetak gol keempat di menit ke-30 lewat titik penalti setelah pemain Filipina melakukan handball. Akan tetapi kesempatan itu tak bisa dikonversi menjadi gol oleh Asnawi setelah arah bola yang dia sepak mampu dibaca kiper lawan.

Enam menit kemudian Indonesia kembali dihadiahi penalti setelah pemain Garuda Muda dijatuhi di kotak terlarang. Egy, yang ditunjuk sebagai eksekutor bisa menjalankan tugasnya dengan baik. 4-0 Indonesia memimpin.

Di menit ke-39 Indonesia melesakkan gol kelima lewat tendangan bebas yang dieksekusi Iqbal. Pemain nomor punggung itu mengarahkan bola ke sisi kanan gawang lawan, yang tak bisa dijangkau Quincy Julian. 5-0 Indonesia memimpin hingga turun minum.

Di awal-awal babak kedua Hanis Saghara Putra berhasil menceploskan bola ke gawang Filipina. Namun, gol tersebut dianulir wasit setelah sang pemain lebih dulu berada di posisi offside.

Filipina mendapat peluang emas di menit ke-64. Suba berhasil mencuri bola dari penguasaan Indonesia untuk kemudian menusuk ke dalam kotak penalti. Namun, striker Filipina itu memilih untuk menembak langsung daripada mengumpan ke rekannya yang berdiri bebas. Bola hasil sepakannya pun masih melayang di atas gawang Riyandi.

Di menit ke-68 Indonesia berhasil melesakkan gol keenam. Feby, yang lepas dari posisi offside, dengan mudah menceploskan bola ke gawang lawan. 6-0 Indonesia memimpin.

Selang satu menit kemudian Indonesia nyaris mencetak gol ketujuh. Rachmat Irianto berhasil menggiring bola ke dalam kotak penalti untuk kemudian melewati kiper Filipina. Dengan gawang yang sudah kosong tanpa kawalan, tembakan pun dilepaskan, namun bola masih membentur tiang.

Indonesia mendapat banyak peluang di sepuluh menit akhir pertandingan. Alhasil, Feby berhasil menciptakan hat-trick di menit ke-87. Gol itu pun membawa Indonesia memimpin 7-0.

Garuda Muda kembali memperbesar skor di menit ke-90 lewat titik putih setelah Muhammad Rafli dijatuhkan kiper Filipina. Wasit pun memberi kartu merah langsung untuk Quincy Julian. Rafli, yang menjadi eksekutor berhasil menjalankan tugasnya untuk membawa Indonesia memimpin 8-0.

Di masa injury time Indonesia kembali mencetak gol kesembilan. Kali ini giliran Resky Fandy yang menceploskan bola ke gawang lawan. Indonesia pun mengakhiri laga dengan kemenangan 9-0.

Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam pada laga selanjutnya. Duel tersebut akan dilangsungkan Senin (11/9/2017).

Susunan Pemain:

Filipina: Quincy Julian Boltron Kammeraad; Lemark Sayson Unaba, Elljhone Clyde Binoluan Rasonable, Vince Eric Trembevilla Baito (Rez Fernando 58'), Lean Panes Perez; Robert Lawrence Pajara Wilson, Kier John Pedroso Napolitano, Mark Francis Baclia-An Mercenes, Fidel Victor Palogan Tacardon; Marcel Ivan Arcenal Ouano, Mariano Jr.Mallari Suba.

Indonesia: Muhamad Riyandi; Samuel Christianson, Nurhidayat Haji Haris, Muhammad Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto; Muhammad Iqbal, Egy Maulana Vikri (Irsan Rahman Lestaluhu 46'), Feby Eka Putra, Syahrin Abimanyu, Asnawi Mangkualam Bahar (Resky Fandy 56'); Hanis Saghara Putra (Muhammad Rafli 72').

(din/din)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Juventus Masih Sempurna di Serie A

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 09:26 WIB Juventus melanjutkan start sempurna mereka di Serie A musim ini. Bianconeri meraih kemenangan kelima setelah mengatasi perlawanan Fiorentina dengan skor 1-0.
  • Ronaldo Kembali, Madrid Kalah di Bernabeu

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 08:52 WIB Comeback Cristiano Ronaldo di kompetisi domestik berakhir pahit. Real Madrid dipermalukan Real Betis 0-1 di Santiago Bernabeu dalam lanjutan La Liga.
  • Guardiola Akui West Brom Amat Menyulitkan

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 08:04 WIB Manajer Manchester City Pep Guardiola bisa bernapas lega setelah timnya mengalahkan West Brom. Guardiola mengakui cara main West Brom amat merepotkan.
  • Magis Messi di Camp Nou

    Sepakbola | Rabu 20 September 2017, 12:37 WIB Lionel Messi masih menyihir Camp Nou. Daya magis Messi membuatnya kini sudah mengoleksi 300 gol untuk Barcelona di kandangnya.
  • Montella Sebut Milan Jalani Start Positif

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 07:53 WIB AC Milan mengantongi angka penuh setelah mengalahkan SPAL dalam lanjutan Serie A. Kemenangan itu menandakan Milan memiliki start positif di musim ini.
  • Liverpool Langsung Tersingkir dari Piala Liga

    Sepakbola | Rabu 20 September 2017, 09:39 WIB Liverpool tak bisa melaju jauh di Piala Liga Inggris musim ini. The Reds tersingkir di babak ketiga setelah dikalahkan Leicester City 0-2.
  • Juventus Langsung Alihkan Fokus ke Derby Turin

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 07:30 WIB Juventus tak punya banyak waktu untuk merayakan kemenangan atas Fiorentina. Bianconeri sudah ditunggu laga derby Turin pada akhir pekan ini.
  • Guendogan Cedera Lagi

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 07:11 WIB Malang nian nasib Ilkay Guendogan. Usai kembali ke starting XI Manchester City, Guendogan dibekap cedera lutut lagi meski diklaim tidak serius.
  • Hasil Liga Italia

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 06:27 WIB Juventus dan Napoli menjadi dua tim yang masih sempurna hingga pekan kelima. AS Roma dan AC Milan juga menang, sedangkan Inter Milan mendapatkan hasil imbang.
  • Roma Tampil Bagus, tapi Mentalitas Disoroti

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 06:39 WIB Penampilan AS Roma dinilai sudah cukup memuaskan saat melibas Benevento 4-0. Tapi ada situasi-situasi yang disebut Eusebio Di Francesco perlu diperbaiki.
  • Piala Liga Inggris

    Chelsea Jumpa Everton di Babak Keempat

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 05:57 WIB Undian babak keempat Piala Liga Inggris mempertemukan Chelsea dan Everton. Sementara itu, Arsenal dan Man City akan mendapatkan lawan dari Divisi Championship.
  • Performa Setan Merah Puaskan Mourinho

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 05:57 WIB Manchester United secara meyakinkan menghempaskan Burton Albion 4-1 di babak ketiga Piala Liga Inggris. Manajer MU Jose Mourinho puas dengan performa timnya.
  • Setelah 512 Hari, Real Madrid Gagal Bikin Gol

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 05:43 WIB Sudah lama sejak Real Madrid tak bisa bikin gol dalam satu pertandingan. Real Betis baru saja membuat Los Blancos memulai lagi hitungannya.
  • Hasil Piala Liga Inggris

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 05:10 WIB Babak ketiga Piala Liga Inggris telah selesai digelar. Tim-tim besar sukses melewati babak ini, kecuali Liverpool yang langsung tersingkir.
  • Madrid Dijegal Betis di Santiago Bernabeu

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 05:04 WIB Real Madrid gagal melanjutkan momentumnya di Liga Spanyol. Tampil di hadapan pendukungnya sendiri, Los Blancos kalah dari Real Betis 0-1.
  • Piala Liga Inggris

    Dua Gol Sane Antarkan City ke Babak Keempat

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 04:31 WIB Manchester City lolos ke babak keempat Piala Liga Inggris setelah menyingkirkan West Bromwich Albion dengan skor 2-1. Dua gol City diborong oleh Leroy Sane.
  • Piala Liga Inggris

    Gol Tunggal Walcott Loloskan Arsenal

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 04:31 WIB Arsenal berhasil lolos ke babak keempat. Menyusul kemenangan tipis atas tim divisi tiga Doncaster Rovers dengan skor 1-0, berkat gol tunggal Theo Walcott.
  • Dua Gol Penalti Menangkan Milan atas SPAL

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 04:14 WIB AC Milan harus susah payah menghadapi perlawanan SPAL. Butuh dua gol penalti untuk Rossoneri menang 2-0 dan membawa pulang tiga poin.
  • Mandzukic Menangkan Juventus

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 04:04 WIB Juventus mengatasi perlawanan Fiorentina di giornata 5 Serie A. Gol tunggal Mario Mandzukic memastikan Bianconeri menang 1-0 atas lawannya itu.
  • Piala Liga Inggris

    Hajar Burton 4-1, MU Lolos ke Babak Keempat

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 03:54 WIB Juara bertahan Manchester United memulai misinya mempertahankan gelar Piala Liga Inggris secara meyakinkan. Menjamu Burton Albion, MU menang mudah 4-1.
  • Comeback, Napoli Bekap Lazio 4-1

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 03:46 WIB Laju sempurna Napoli di Serie A berlanjut. Napoli berhasil meneruskan rentetan kemenangannya usai menundukkan Lazio 3-1 setelah sempat tertinggal lebih dulu.
  • Atletico Menang Tipis atas Athletic Bilbao

    Sepakbola | Kamis 21 September 2017, 03:27 WIB Atletico Madrid meraih kemenangan ketiganya di La Liga musim ini. Los Colchoneros meraup poin penuh usai menang tipis 2-1 di kandang Athletic Bilbao.
  • Madrid Tambah Kontrak Benzema Sampai 2021

    Sepakbola | Rabu 20 September 2017, 23:44 WIB Striker Real Madrid Karim Benzema layak bahagia di tengah cedera yang sedang dideritanya. Madrid dan Benzema resmi menyepakati kontrak baru sampai 2021.
  • Liga 1

    Arema FC yang Fokus Bungkam Mitra Kukar 3-0

    Sepakbola | Rabu 20 September 2017, 23:18 WIB Arema FC sukses membawa pulang tiga poin dalam lawatannya ke Mitra Kukar. 'Singo Edan' yang dipuji tampil fokus menang telak 3-0.