sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 26 Mar 2010 00:16 WIB

Piala Indonesia Tayang di RCTI

- detikSport
Jakarta - Selain berganti sponsor dan nama, Piala Indonesia mulai tahun ini akan ditayangkan di stasiun televisi yang berbeda. Dengan kontrak berdurasi tiga tahun, Piala Indonesia akan tayang di RCTI.

Seperti diketahui Copa Dji Sam Soe atau dikenal Copa Indonesia akan berganti nama jadi Piala Indonesia. Kejuaraan tersebut akan dimulai pada 15 April-1 Agustus di enam kota terpilih.
 
Berbeda dari event tahunan sebelumnya, Piala Indonesia kali ini akan diselenggarakan dengan format home tournament, sejak babak 32 besar hingga ronde 8 terbaik lewat sistem grouping. Sementara, di ajang semifinal dan final, langsung menggunakan sistem gugur.

Tak hanya berganti nama dan sponsor, turnamen kali ini pun berpindah hak siarnya. Jika pada dua musim sebelumnya, TVOne menjadi tv partner, maka pada Kamis (25/3/2010) sore WIB, diselenggarakan penandatanganan MOU official TV Partner Piala Indonesia 2010, antara PT Liga Indonesia dengan Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI).
Disebutkan durasi kontrak antara kedua pihak adalah tiga tahun.

"Ini adalah Wujud dari keinginan perluasan program dan variasi tayangan olahraga lokal yang berkualitas, dari RCTI. Serta menjadi sebuah tayangan sepakbola lokal, yang punya popularitas dan punya kelas," tukas progamming & Production Director RCTI, Harsiwi Achmad di Kantor PT Liga, Kuningan.
 
"Piala Indonesia bukan tidak mungkin bisa menggeser program sinetron yang selama ini memiliki high rating di RCTI," lanjut dia kemudian.

Sedang Joko mengaku bahwa kerjasama dengan RCTI merupakan langkah ke depan guna meningkatkan mutu Piala Indonesia.

"Secara teknis, kami tidak ingin menggadaikan kualitas baik pertandingan maupun promosi. Piala Indonesia memang terlambat digelar saat ini. Tapi pertimbangannya kami sudah menghitung kalkulasi kesulitan yang akan dihadapi Turnamen ini. Itu sebabnya, rentang waktu yang ada, kami manfaatkan untuk menyiapkan scheduling lebih matang dan menjalin kerjasama dengan sponsor. Salah satunya dengan official Tv partner," bilang Joko.

Proses penunjukkan RCTI sebagai broadcast right Piala Indonesia tetap berpegang pada kualitas pengalaman sebagai stasiun TV yang solid dalam program sport sepakbola internasional. Dari kerjasama ini, PT Liga Indonesia mendapatkan pemasukan dua kali lipat re-venue dari kerjasama dengan stasiun tv sebelumnya.

"Kami tidak bisa menyebut nominalnya. Tapi, re-venue yang kami terima, nilainya dua kali lipat, bahkan lebih, dari kerja sama dengan stasiun tv musim lalu," ujar Joko menyoal pemasukan yang diterima PT Liga Indonesia dengan RCTI.

Meski sudah mendapatkan pemegang hak siar, sponsor utama untuk turnamen ini masih belum terjawab. Konon, pihak RCTI sedang intens melakukan pendekatan dengan produk komersial Bank sebagai kandidat sponsor Piala Indonesia.

(mrp/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com