TvOne Cs Beli Hak Siar Piala Dunia Rp 553 Miliar

- Sepakbola
Selasa, 03 Jul 2012 12:14 WIB
Jakarta - PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) menggelontorkan dana US$ 61,54 juta atau setara Rp 553,86 miliar untuk membeli hak eksklusif siaran Piala Dunia (World Cup) 2014.

Corporate Secretary VIVA, Neil R Tobing, mengatakan, pemegang eksklusif dari media rights World Cup 2014, PT Inter Sports Marketing (ISM), telah melakukan penandatangan licence agreement dengan tiga anak usaha VIVA, yakni PT Cakrawala Andalas Televisi, PT Lativi Medikarya, dan PT Digital Media Asia (DMA).

Atas hak yang diterima tersebut, tiga anak usaha VIVA tersebut harus membayar biaya hak siar US$ 54,1 juta kepada FIFA (Federation Internationale de Football Association), lalu mengganti biaya-biaya yang dikeluarkan oleh ISM sehubungan dengan proses persiapan, negoisasi dan eksekusi licence agreement sebesar US$ 4,44 juta dan membayar biaya konsultasi sebesar US$ 3 juta.

"Pada tanggal 23 Maret 2012 ISM dan FIFA telah menandatangani License Agreement," kata Neil dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (3/7/2012).

Salah satu perusahaan Grup Bakrie ini juga telah memperoleh fasilitas garansi bank (bank guarantee) senilai US$ 10,8 juta sebagai syarat menjadi official broadcasters untuk Media Rights World Cup 2014.

Penerbitan garansi bank ini adalah syarat agar perseroan dan anak usahanya dapat ditunjuk menjadi sub-licensee atau official broadcaster dari Media Rights World Cup 2014 berdasarkan licence agreement yang ditandatangani FIFA dan ISM tersebut.

Berdasarkan perjanjian-perjanjian tersebut, ANTV, TvOne, dan DMA berhak menyiarkan secara langsung, tunda dan re-run seluruh pertandingan dan upacara World Cup 2014 dan acara FIFA lainnya di berbagai media dan platform.

(ang/mfi)