Monumen PSSI Direvitalisasi, Menpora Berharap Indonesia Jadi Macan Asia

- Sepakbola
Jumat, 18 Okt 2013 19:09 WIB
detikSport/Rifqi Ardita
Yogyakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo meresmikan selesainya revitalisasi tahap pertama kompleks monumen PSSI di Yogyakarta. Dalam sambutannya, Menpora berharap ini jadi simbol kembalinya prestasi Indonesia.

Roy, yang ditemani rombongan dari Kemenpora, meresmikan monumen yang terletak di utara Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Jumat (18/10/2013) sore. Monumen ini didirikan pada tahun 1955 dan dibuat oleh seniman Yogyakarta Jayeng Asmoro, untuk memperingati 25 tahun atau seperempat abad berdirinya PSSI pada 1930.

Revitalisasi tahap pertama yang telah selesai ini meliputi bangunan monumen dan sekitarnya. Revitalisasi tahap dua, yang masih berlangsung, meliputi bangunan wisma PSSI di sisi utara monumen. Menpora menyatakan bahwa jika revitalisasi telah selesai seluruhnya, maka kompleks ini akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia.

"Alhamdulillah, pada 18 Oktober 2013, kita sudah merampungkan tahap pertama revitalisasi monumen PSSI. Monumen ini didirikan setelah 25 tahun berdirinya PSSI, dan diresmikan oleh Presiden Soekarno saat itu," kata Roy dalam sambutannya di halaman monumen PSSI.

"Semoga, dengan gemericik air mancur yang ada, akan menyirami prestasi sepakbola Indonesia. Monumen ini Insya Allah akan mengembalikan lagi citra Indonesia, mengembalikan lagi Indonesia sebagai macan Asia bahkan macan dunia," lanjutnya.

"Saya minta doa agar pembangunan wisma PSSI yang sekarang tengah dibangun, akan selesai dengan baik nantinya. Insya Allah kalau sudah selesai semua, bapak Presiden yang akan meresmikan," imbuh pria asli Yogyakarta ini.

Dalam sambutannya, Menpora turut berpesan kepada masyarakat untuk selalu menjaga PSSI, agar tidak dibawa-bawa ke ranah lain.

"Mari kita jaga, mari kita kawal PSSI, benar-benar lurus dan konsentrasi pada bidangnya. Tidak boleh ditarik-tarik lagi pada ranah yang bukan urusan sepakbola," ujarnya.

(raw/mfi)