ADVERTISEMENT

Piala AFF

Kenangan Indah Indonesia di Rizal Memorial Stadium

Lucas Aditya - Sepakbola
Kamis, 24 Nov 2016 09:15 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Manila - Timnas Indonesia memiliki kenangan manis di stadion Rizal Memorial Stadium, Manila, yang akan disambangi besok. Skuat 'Garuda' meraih prestasi terakhirnya di tempat tersebut.

Terakhir kali Indonesia menjadi juara di suatu ajang internasional adalah saat berhasil merebut emas SEA Games 1991. Kala itu, Manila yang menjadi kota penyelenggaranya.

Laga perebutan emas pesta olahraga di Asia Tenggara kala itu mempertemukan Indonesia melawan Thailand. Pertandingan yang berlangsung pada 4 Desember 25 tahun silam itu harus diselesaikan hinggga babak adu tendangan penalti.

Indonesia, yang saat itu dilatih oleh Anatoli Polosin, juara usai memenangi tos-tosan dengan skor akhir 4-3. Kemenangan Indonesia saat itu ditentukan oleh Sudirman setelah sebelumnya kiper Edy Harto menepis tendangan salah satu eksekutor Thailand.

Kini Indonesia akan menjalani laga hidup-mati pada Piala AFF 2016 di stadion tersebut, menghadapi Singapura, Jumat (25/11/2016). Tapi pelatih Indonesia Alfred Riedl tak terlalu memikirkan kenangan indah tim 'Merah-Putih' di SEA Games 1991 tersebut. Dia cuma menganggapnya sebagai bagian dari sejarah.

"Saya tak mau membahas mengenai ini. Tak penting membahas apa yang sudah menjadi sejarah," kata Riedl kepada pewarta.

(cas/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT