ADVERTISEMENT

Riedl: Ini Pencapaian Sensasional untuk Indonesia

Lucas Aditya - Sepakbola
Jumat, 25 Nov 2016 23:28 WIB
Foto: detikSport/Rachman Haryanto
Manila - Dengan persiapan yang jauh dari kata ideal, timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2016. Pelatih Alfred Riedl menyebut ini merupakan pencapaian sensasional untuk Indonesia.

Kemenangan 2-1 atas Singapura, Jumat (25/11/2016), meloloskan Indonesia ke babak empat besar sebagai runner-up Grup A. Tim 'Merah-Putih' mengumpulkan empat poin dari tiga pertandingan, di bawah Thailand yang jadi juara grup dengan poin sempurna sembilan.

(Baca juga: Kalahkan Singapura, Indonesia Lolos ke Semifinal)

Bagi Indonesia, ini adalah hasil terbaik dalam tiga edisi terakhir Piala AFF. Setelah menjadi runner-up pada tahun 2010, Indonesia gagal lolos dari babak penyisihan grup pada tahun 2012 dan 2014.

Sebelum terjun ke Piala AFF 2016, Indonesia sebenarnya belum lama lepas dari sanksi FIFA. Sanksi yang berlangsung selama setahun itu baru dicabut pada bulan Mei lalu.

Riedl juga menghadapi kendala dalam mempersiapkan tim sebelum turnamen dimulai. Pelatih asal Austria itu tak bebas memilih pemain karena hanya boleh mengambil maksimal dua pemain dari klub yang sama. Cederanya sejumlah pemain, termasuk Irfan Bachdim, juga tak membantunya.

"Hasil ini adalah yang dinanti-nanti oleh seluruh masyarakat Indonesia, untuk kemudian kembali lolos ke semifinal," ujar Riedl.

"Untuk Indonesia, merupakan sebuah pencapaian yang sensasional karena kami baru bebas dari sanksi dan tidak ada kompetisi berjalan sebelumnya," katanya.

Indonesia kini tinggal menunggu lawan di babak semifinal, yang akan digelar dengan format kandang-tandang pada 3 dan 7 Desember mendatang. Calon lawan Indonesia adalah Vietnam, Myanmar, atau Malaysia.

(cas/mfi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT