DetikSepakbola
Rabu 29 Maret 2017, 12:35 WIB

Timnas U-22 Tak Tercantum sebagai Kontestan ISG, Ini Penjelasan KOI

Mercy Raya - detikSport
Timnas U-22 Tak Tercantum sebagai Kontestan ISG, Ini Penjelasan KOI Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Timnas U-22 tidak terdaftar sebagai salah satu peserta Islamic Solidarity Games di Baku, Azerbaijan, 12-22 Mei 2017. KOI segera meminta penjelasan dari Panitia Penyelenggara ISG (AISGOC).

Media Azerbaijan, Azertac, telah merilis delapan tim yang akan bertanding pada multievent negara-negara Islam tersebut. Di sana tertera perebutan medali pada cabang olahraga sepakbola hanya diikuti Turki, Arab Saudi, Oman, Al Jazair, Palestina, Maroko, Kamerun, dan Azerbaijan.

Di antara daftar kontestan itu, timnas Indonesia tak tercantum. Padahal, KOI telah mendaftarkan timnas U-22 sbagai salah satu peserta untuk memenuhi kuota 12 tim peserta. KOI juga telah menyerahkan datar pemain yang akan diturunkan.

Menurut technical handbook ISG 2017, kompetisi sepakbola harus digelar maksimal 12 tim termasuk Azerbaijan sebagai tuan rumah. Disebutkan juga panitia penyelenggara punya hak untuk memilah dan menyeleksi tim yang dinilai bisa membuat persaingan lebih kompetitif.

Menanggapi hal itu, Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal KOI, Harry Warganegara, menegaskan KOI tak salah langkah. Mereka telah mendaftarkan timnas U-22 sejak Desember 2016 lengkap dengan nama pemainnya. Seperti di antaranya, Putu Gede Antara, Rudolf Yanto Basna, Evan Dimas Darmono, Rully Desrian, Muhammad Drajad, Miftahul Hamdi, Muhammad Hargianto, dan Febri Hariyadi.

"Jadi begini, kami sudah daftar tapi memang mereka mengatakan hanya memilih 12 tim. Itu dalam technical handbook-nya ada. Nah, ini akan kami tanyakan kepada mereka. Kenapa mereka sudah mengumumkan delapan tim saja?" kata Harry dalam sambungan telepon dengan detikSport, Rabu (29/3/2017).

"Karena kalau kita dibilang tidak daftar tidak benar, kita sudah daftar dari tahun lalu dan nama-nama pemainnya ada.

"Makanya, ini akan kami tanyakan kepada mereka by email. Hari ini suratnya kami layangkan," ujar dia.

Selain sepakbola, KOI juga telah mendaftar cabang olahraga lainnya yang akan ikut bertanding yaitu atletik, bola basket, diving, senam, judo, karate, menembak, renang, taekwondo, polo air, angkat besi, wushu, dan paraatletik.

"Untuk cabor lain sementara ini tidak ada masalah," sebut dia.



(mcy/fem)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed