DetikSepakbola
Jumat 22 September 2017, 18:10 WIB

Kalahkan Laos 3-0, Indonesia Lolos ke Piala Asia U-16

Yanu Arifin - detikSport
Kalahkan Laos 3-0, Indonesia Lolos ke Piala Asia U-16 Timnas Indonesia U-16 (Foto: dok. PSSI)
Bangkok - Indonesia memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2018. Kepastian itu didapat setelah Indonesia mengalahkan Laos 3-0.

Indonesia tampil mendominasi atas Laos di laga terakhir Grup G. Indonesia bahkan memimpin 1-0 di babak pertama laga yang digelar di Rajamangala Stadium, Bangkok, Jumat (22/9/2017).

Setelah beberapa peluang gagal berbuah gol, Sutan Zico sukes memecah kebuntuan di menit ke-25. Memanfaatkan bola rebound, dengan mudah Zico merobek gawang Laos. Indonesia memimpin 1-0.

Setelahnya, beberapa peluang lagi diciptakan anak asuh Fakhri Husaini. Namun hingga jeda, tidak ada gol tambahan tercipta.

Di babak kedua, Laos mulai berani keluar menyerang. Hal itu membuat Indonesia cukup keteteran.

Di menit ke-55, peluang didapat Laos. Lewat tendangan bebas Khamsavananh Louanthammakhanh masih melenceng.

Namun Indonesia tetap bisa menggandakan kedudukan pada menit ke-59. Penyelesaian dingin Sutan Zico setelah mendapat umpan dari sisi kiri membawa skuat Merah Putih memimpin 2-0.

Di menit ke-67, Laos mengancam lewat Phoutthalak Thongsanith. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih melenceng di samping gawang Ernando Ari Sutaryadi.

Di menit ke-70, Zico nyaris mencetak hat-trick. Mendapat umpan terobosan dari belakang, sontekannya cuma menerpa mistar gawang Laos.

Laos membalas di menit ke-74. Mistar gawang Ernando gantian dibuat bergetar sebelum bola disapu barisan belakang Indonesia.

Di menit ke-85, Zico kembali mendapat peluang bagus. Namun tendangannya di dalam kotak penalti masih membentur pemain Laos.

DI menit-menit akhir, Laos masih juga membahayakan gawang Indonesia. Tendangan Akkhom Thoranin bisa ditepis Ernando.

Namun Indonesia bisa menambah gol di masa injury time. Pelanggaran kiper Laos Dim Phouttavong kepada Mochamad Supriadi berbuah penalti. Rendy Juliansyah yang jadi eksekutor dengan dingin menyelesaikannya untuk membawa Indonesia menang 3-0

Hasil ini membuat Indonesia menyapu bersih empat laga di Grup G dengan kemenangan dan memastikan diri lolos ke Piala Asia U-16, yang berlangsung 20 September sampai 7 Oktober 2018 di Malaysia.

Susunan Pemain

Laos: Dim Phouttavong, Singkan Sichanthavong (c), Hatsachanh Phonephavanh, Anoulack Vannalath, Ananthana Chanthamaly, Phoutthalak Thongsanith, Soubanh Keopeth, Akkhom Thoranin, Chony Wenpaserth

Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi (c), Amiruddin Bagas, Mochamad Yudha, Ahmad Rusadi, Muhammad Salman AlFarid, Komang Teguh, Brylian Negiehta, Miftahul Husyen, Amanar Abdillah, Andre Oktaviansyah, Sutan Zico
(cas/krs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed