DetikSepakbola
Senin 25 September 2017, 21:32 WIB

Cedera Lutut yang Nyaris Bikin Kim Kurniawan Putus Asa

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Cedera Lutut yang Nyaris Bikin Kim Kurniawan Putus Asa Kim Kurniawan pernah dapat cedera lutut yang membuatnya nyaris putus asa (Muhammad Ridho/detikSport)
Jakarta - Cedera adalah hantu bagi atlet di manapun di seluruh dunia, termasuk untuk pesepakbola Persib Bandung, Kim Kurniawan. Kariernya sempat terancam lantaran cedera.

Kim adalah salah satu pesepakbola tenar di Indonesia saat ini. Apalagi dia bermain di klub sebesar Persib Bandung yang punya basis pendukung begitu besar. Tapi di balik ketenaran yang didapatnya saat ini, ada cerita tak mengenakkan saat dia memulai kariernya di lapangan hijau.

Cerita itu didapat saat Kim tengah memasuki jenjang profesional setelah selama 13 tahun menimba ilmu di klub lokal Karlsruher. Kim mengalami cedera lutut parah dan membuatnya sulit menembus tingkat elite.

[Ikutan Instagram Competition, dan Dapatkan OPPO F3 Selfie Expert]

Alhasil, Kim pun hanya memperkuat klub sekelas FC 07 Heidelsheim sambil duduk di bangku kuliah. Kim tahu dengan kondisi lututnya saat itu, dia tidak akan bisa main dengan maksimal.

"Dari kecil emang hidup saya udah diarahkan untuk menjadi seorang pemain bola. Kalo yang lain main bola jadi hobi, tapi buat saya itu udah memutuskan untuk berprofesi sebagai pemain bola. Jadi dari kecil memang sudah teratur (diarahkan untuk menjadi profesional)," tutur Kim dalam perbincangan dengan detikSport beberapa waktu lalu di Bandung.

Cedera Lutut yang Nyaris Bikin Kim Putus AsaFoto: Muhammad Ridho


Dengan keinginan besar menjadi pemain profesional, Kim menghabiskan banyak waktu remajanya dengan berlatih. Hidupnya penuh didedikasikan untuk sepakbola.

"Jadi saya tidak punya masa-masa remaja seperti yang lain. Hidup saya memang dari dulu sudah untuk sepak bola. Jadi buat saya, sekolah, setelah sekolah, langsung kerjain PR, abis itu langsung latihan," kisahnya.

Namun mimpi dan cita-cita Kim menjadi pesepakbola profesional sempat dihantui kegagalan. Semua karena cedera lutut yang dia alami.

"Saya sempat memutuskan 'Ah, ya sudahlah… saya tidak bisa main bola lagi.' Saya memillih untuk kuliah, dan udah mulai kuliah saat itu, jadi bola hanya selingan saja," sambungnya.

Cedera lutut itu nyaris membuat Kim putus asa. Dia memang tidak bisa berbuat banyak karena upayanya menuju jenjang profesional jadi terhambat.



"Memutuskan untuk menjadi pemain sepakbola profesional sebenarnya pada saat saya datang ke Indonesia. Cuma karena saya dapat cedera lutut , karier saya di Jerman tidak bisa ke profesional," tambah dia.

Karier Kim sebagai pesepakbola terselamatkan setelah dia memutuskan datang ke Indonesia. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Nantikan kelanjutannya hanya di sini.
(mrp/din)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed