DetikSepakbola
Minggu 12 November 2017, 03:55 WIB

Finis di Peringkat 8 Jadi Prestasi Luar Biasa untuk Borneo FC

Suriyatman - detikSport
Finis di Peringkat 8 Jadi Prestasi Luar Biasa untuk Borneo FC Borneo FC mengalahkan Arema FC dengan skor 3-2 (dok. PT Liga Indonesia Baru)
Samarinda - Borneo FC menyudahi kompetisi Liga 1 2017 di posisi kedelapan. Bagi klub berjuluk Pesut Etam itu, hal tersebut merupakan prestasi luar biasa.

Borneo FC menutup musim dengan mengalahkan Arema FC 3-2 di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu (11/11/2017). Tiga gol tim tuan rumah dibagi rata oleh Asri Akbar, Lerby Eliandry, dan Diego Michiels. Sementara itu, dua gol balasan Arema datang dari Cristian Gonzales dan Dedik Setiawan.


Kemenangan atas Arema menempatkan Borneo FC di posisi kedelapan klasemen Liga 1 dengan perolehan 52 poin dari 34 laga. Borneo FC finis tepat di atas Arema yang punya 49 poin.

"Saya menangani tim ini pada putaran kedua dan saat itu tim terpuruk di urutan ke-15. Jadi pencapaian saat ini sudah merupakan prestasi yang luar biasa," kata pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan.

Iwan menukangi Borneo FC mulai bulan Agustus lalu, menggantikan Ricky Nelson yang berstatus caretaker, setelah dipecatnya Dragan Djukanovic. Di bawah arahan pelatih asal Aceh itu, Borneo FC bangkit dari papan bawah.

"Kita sudah sampai ujung. Kompetisi kali ini sudah bagus dan harapannya kompetisi musim depan bisa lebih baik lagi, khususnya mengenai kualitas para pengadil di lapangan," kata Iwan.

Sementara itu, pelatih Arema Joko Susilo mengaku kecewa timnya kalah di laga terakhir. Tapi, Joko juga menyadari bahwa timnya kesulitan untuk bermain lebih baik karena ketiadaan pemain asing di timnya.

"Borneo bermain bagus dan saya kecewa kalah di kandang Borneo. Kami punya peluang untuk memenangi pertandingan," kata Joko.

"Pertandingan berjalan menarik, kedua tim tampil ngotot, namun memang bermaterikan pemain lokal membuat kami harus melakukan sejumlah perubahan dengan memanfaatkan pemain yang ada. Hanya Bagas (Adi Nugroho) saja yang tersisa, selebihnya kami harus terus melakukan rotasi saat bermain. Kami harus memanfaatkan 16 pemain tersisa saat ini," jelasnya.

"Namun bukan karena itu kami kalah. Saya tidak mau cari alasan, tim sudah berjuang secara maksimal, tim kami kurang beruntung," tegas Joko.


(mfi/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed