DetikSepakbola
Kamis 23 November 2017, 20:09 WIB

Tentang Guyana, Lawan Timnas Indonesia di Akhir Pekan Ini

Yanu Arifin - detikSport
Tentang Guyana, Lawan Timnas Indonesia di Akhir Pekan Ini Guyana vs Meksiko di Kualifikasi Piala Dunia 2014 (Bob Levey/Getty Images)
Jakarta - Guyana akan menjadi lawan Timnas Indonesia dalam laga ujicoba di akhir pekan ini. Bertetangga dengan Brasil, bagaimana profil dan kekuatan sepakbola negara kecil tersebut?

Guyana menjadi lawan ketiga Indonesia di pekan laga persahabatan, usai dua kali melawan Timnas Suriah U-23 yang berakhir dengan kekalahan 2-3 dan 0-1. Laga tersebut akan digelar di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/11/2017).

Guyana merupakan negara kecil di Kepulauan Karibia yang secara geografis letaknya berada di Amerika Selatan. Negara dengan populasi kurang dari 800 ribu jiwa itu bertetangga dengan Brasil.

Tapi bicara sepakbolanya, prestasi Guyana dan Brasil tentu jauh berbeda. Guyana bahkan tidak pernah ikut Piala Emas Concacaf atau Piala Dunia seperti yang sudah lima kali dimenangi Brasil.



Di peringkat FIFA, rangking Indonesia dan Guyana tak terpaut jauh. Indonesia menempati posisi 154 per tanggal 23 November, sementara Guyana di posisi 164.

Laga internasional pertama Guyana terjadi pada 1905, saat kalah dari Trinidad dan Tobago dengan skor 1-4. Saat itu namanya masih Guyana Britania lantaran masih menjadi jajahan Inggris sampai merdeka pada 1966.

Prestasi Guyana sendiri tidak bagus-bagus amat. Capaian terbaiknya cuma menempati peringkat empat di Piala Karibia 1991. Hingga saat ini, penampilan mereka pun baru sebatas tampil di kualifikasi Piala Karibia.

Terakhir mereka tampil di kualifikasi piala Dunia 2018 zona Concacaf pada 2015, namun cuma mentok sampai babak kedua.

Sepakbola Guyana juga sempat vakum hampir dua tahun, sejak November 2012 hingga Oktober 2014. Bukan karena sanksi FIFA, melainkan di negaranya tidak ada lapangan yang memadai untuk dipakai bermain.

Hal itu membuat Guyana pun minim pengalaman bertanding di level internasional. Bahkan dalam kurun setahun terakhir, baru dua pertandingan Internasional dilakoni yakni menghadapi Grenada (7/10) dan Trinidad & Tobago (14/11).

Dari segi pemain, hampir tidak ada nama tenar di Guyana. Cuma beberapa yang bermain di klub Eropa, sisanya tersebar di liga-liga Trinidad Tobago, Kanada, dan Puerto Riko. Pelatihnya juga eks pemain lokal yakni Wayne Dover.



(yna/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed