DetikSepakbola
Kamis 14 Desember 2017, 23:30 WIB

'Pemain Timnas Masih Kurang Semangat Juang'

Mercy Raya - detikSport
Pemain Timnas Masih Kurang Semangat Juang Pemain timnas Indonesia (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Timnas Indonesia masih belum bisa meraih prestasi di bawah asuhan Luis Milla. Eks penyerang tim Merah Putih, Rochy Putiray, mempunyai penilaian atas hal itu.

Milla diharapkan akan mengangkat prestasi Indonesia. Reputasi tinggi yang dimiliki Milla bersama timnas Spanyol U-23 menjadi sebabnya.

Dalam beberapa ajang yang sudah diikuti, Indonesia gagal juara. Di SEA Games 2017, Indonesia meraih perunggu. Sementara di turnamen di Aceh World Solidarity Games, Indonesia cuma finis runner-up.

Rochy Putiray, pemain timnas 1991-2004, belum bisa berkomentar banyak terkait Luis Milla dan anak asuhnya. Namun, dia bisa berbicara bahwa pemain atau atlet saat ini tidak memiliki passion sebagai pemain sepakbola sesungguhnya.


"Dulu banyak atlet dari orang tidak mampu, sekarang kebanyakan atlet dari orang tua yang mampu. Jadi karena jaman sekarang begitu, zaman orang tua mampu jadi bukan prestasi yang didapat. Orientasinya uang? Iya. Karena sekarang semua cabang terutama sepakbola itu berasal dari orang tua yang mampu kok bukan yang tidak mampu," dia membeberkan.

"Ya sebenarnya kalau banyak bonus itu tidak salah karena memang itu kerja keras, dari hasil jerih payah pada saat latihan yang didapat sebagai atlet. Tapi kalau atlet sekarang berasal dari orang tua yang mampu, namun tak punya semangat juang, untuk apa? Tapi kalau dari angkatan saya, memang bukan dari kalangan tidak mampu. Tapi kami dari kampung tapi ingin mengejar prestasi. Kalau sekarang kan orang kota yang banyak. Saya pikir masalah dedikasi yang kuat," katanya.

Dia berharap kepada seluruh federasi cabang olahraga maupun pemerintah bisa selektif dalam memilih atlet. "Semua cabang harus lebih selektif. Jangan lihat orang tuanya mampu tapi anaknya mampu," dia menyarankan.



(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed