DetikSepakbola
Senin 19 Februari 2018, 17:23 WIB

Kerusakan SUGBK: Dari Pintu, Kursi, sampai Taman

Mercy Raya - detikSport
Kerusakan SUGBK: Dari Pintu, Kursi, sampai Taman GBK mengalami kerusakan usai final Piala Presiden 2018 (Grandyos Zafna./detikSport)
FOKUS BERITA: GBK Dirusak
Jakarta - Direktur Utama Pusat Pengelola Kompleks GBK Winarto sudah merinci sejumlah kerusakan fasilitas di Stadion GBK pada final Piala Presiden. Kerusakannya beragam.

Persija Jakarta baru saja menjuarai Piala Presiden pada Sabtu (17/2/2018) malam kemarin. Namun kemenangannya atas Bali United itu menimbulkan pekerjaan rumah bagi pemerintah.

Bagaimana tidak, SUGBK yang baru saja direnovasi dengan biaya Rp 770 miliar mengalami kerusakan karena oknum suporter The Jakmania. Kondisi ini disayangkan karena renovasi SUGBK untuk persiapan menuju Asian Games 2018.


"Jadi selesai pertandingan malam itu seluruh kawasan GBK selain membersihkan sampah, kami juga melanjutkan dengan menginvetarisis kerusakan. Ada tiga hal yang kami data soal kerusakannya," kata Winarto dalam jumpa persnya.

"Pertama ada 3 pintu masuk yang rusak. Kerusakannya beragam dari yang miring sampai engsel patah. Kedua, ada 7 segmen (pembatas antara penonton dengan lapangan). Satu segmennya berupa satu modulu dengan ukuran 1 x2,3 meter. Sementara kemarin ada 7 segmen yang roboh. Itu bersambungan satu sama lain," sambung Winarto.

"Ketiga, ada satu kursi yang (baut) lepas. Kemudian taman di kawasan GBK yang tertinjak-injak. Jadi jika dikira-kira kerugiannya tidak lebih dari 150 juta."


Lebih lanjut, Winarto menyebut kerugian yang dihitung kontraktor sejatinya hanya Rp 100 juta. Namun, Kementerian PUPR mematok angka perbaikan maksimal Rp 150 juta.

"Waktu perbaikannya pun menurut kontraktor Rabu selesai, tapi bahasa pak Menteri (Basuki Hadimuljono) sepekan. Di samping itu, seluruh kerusakan sebenarnya juga sudah dijamin dalam kontrak pada 12 Februari 2018. Di mana di dalam kontrak antara PPK GBK dengan pihak PT Liga Indonesia Baru ada nilai sewa dan nilai jaminannya di poin 12. Salah satunya soal uang jaminan kerusakan Rp 1,5 miliar."

"Jadi dengan demikian posisi hari ini sama clear dan kita harus sama-sama move on. Lakukan perbaikan dan dorong setiap cabor, khususnya sepakbola agar terus bergulir supaya maju," tutupnya.



(mcy/mrp)

FOKUS BERITA: GBK Dirusak
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed