sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 16 Mar 2018 00:08 WIB

Turnamen Jenesys Jadi Batu Loncatan Timnas U-16 Sebelum Piala Asia

Mercy Raya - detikSport
Timnas Indonesia U-16 tampil sebagai juara di turnamen Jenesys di Jepang (Foto: Dok: PSSI)
Jakarta - Penyerang timnas U-16 Rendy Juliansyah menyebut turnamen Jenesys di Jepang sebagai batu loncatan sebelum timnya tampil di Piala Asia U-16. Rendy berharap penampilan timnya akan terus membaik.

Timnas U-16 mengalahkan Vietnam 1-0 di final untuk menjuarai turnamen Jenesys, Senin (12/3/2018). Di hari sebelumnya, tim besutan Fakhri Husaini tersebut menang 1-0 atas tuan rumah Jepang di babak semifinal.

Kemenangan atas Jepang cukup melekat di pikiran Rendy. Hal itu dia ungkapkan setibanya di tanah air pada Kamis (15/3/2018).


"Bersyukur atas prestasi yang ditorehkan di turnamen Jenesys 2018. Kemenangan ini membuktikan sepakbola Indonesia usia dini tak kalah dari negara-negara Asia," kata Rendy di Bandara Soekarno-Hatta.

Rendy menambahkan, tak mudah bagi timnya untuk membawa pulang gelar juara. Empat tim yang mereka hadapi memiliki kekuatan yang hampir merata. Namun dia lebih terkesan saat menghadapi Vietnam.

"Ya karena itu final dan posisinya itu kami saling menyerang dan punya peluang. Jadi seru," cerita dia.

"Makanya waktu bisa mencetak gol perasaannya senang banget. Apalagi pelatih memberi kepercayaan kepada saya untuk menendang bola di titik penalti. Jadi saya senang," katanya.


Bagi Rendy, hasil di turnamen Jenesys akan menambah kepercayaan diri timnya sebelum terjun ke Piala Asia U-16 di Malaysia pada September mendatang.

"Ini sebagai batu loncatan supaya ke depannya bisa lebih baik lagi. Belajar dari kesalahan sebelumnya. Semoga di Piala Asia bisa lebih baik dari turnamen Jenesys ini," ujar pemain berusia 15 tahun ini.

"Saya pribadi menilai yang perlu diperbaiki komunikasi. Kalau strategi dan taktik, pelatih yang tahu," tambahnya.


-----

Dapatkan 10 merchandise menarik dari detikcom, dengan mengikuti survei ini.


(mcy/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com