DetikSepakbola
Senin 19 Maret 2018, 18:27 WIB

Liga 1 2018 Resmi Diluncurkan

Amalia Dwi Septi - detikSport
Liga 1 2018 Resmi Diluncurkan Peluncuran Liga 1 2018 (Foto: Amalia Dwi Septi)
FOKUS BERITA: Jelang Liga 1 2018
Jakarta - Kompetisi tertinggi sepakbola Indonesia untuk musim ini, Liga 1 2018, resmi diluncurkan. Liga akan kick-off pada 23 Maret dan berakhir pada 9 Desember.

Peluncuran kompetisi yang bernama resmi Gojek Traveloka Liga 1 tersebut digelar di Studio 5 Indosiar, Jakarta, Senin (19/3/2018). Acara ini di antaranya dihadiri sejumlah pengurus PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator.

Acara ini dikemas dengan nuansa hiburan musik. Sejumlah pesepakbola Liga 1 seperti Marko Simic, Kim Jefri Kurniawan, dan Indra Kahfi juga sempat naik panggung menemani Ayu Dewi, Gilang Dirga, dan Valentino Simanjuntak.

Pada prosesnya, masing-masing tim peserta Liga 1 2018 secara bergantian mengirim dua pemainnya untuk naik panggung dan memamerkan jersey yang bakal mereka pakai untuk musim ini.


"Kami yakin kompetisi tahun ini akan lebih semarak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," Direktur Utama LIB Berlinton Siahaan dalam kata-kata sambutannya.

"Patut diketahui dari 18 klub peserta, 10 di antaranya pernah menjadi juara di strata tertinggi kompetisi tanah air baik dari era perserikatan, Galatama, atau penggabungan keduanya."

"Itu artinya semangat persaingan masa lalu, fanatisme suporter, dan juga unsur teknis akan menjadi daya tarik pembeda kompetisi musim ini," tuturnya.


Di Liga 1 2018, masing-masing tim akan menjalani 34 pertandingan dengan rincian 17 laga kandang dan 17 laga tandang. Sebanyak 306 partai bakal disiarkan secara langsung, baik berbayar ataupun streaming; 238 laga disiarkan langsung dan 68 laga via streaming.

"Untuk persiapan kompetisi, kami juga sudah membicarakannya dengan detail kepada semua manajer klub. Pembicaraan itu tidak hanya soal jadwal namun adanya beberapa regulasi baru yang diterapkan di musim ini," kata Berlinton.

Pertandingan Bhayangkara FC vs Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) akan menjadi partai pembuka Liga 1.



-------

Dapatkan 10 merchandise menarik dari detikcom, dengan mengikuti survei ini



(ads/krs)

FOKUS BERITA: Jelang Liga 1 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed