DetikSepakbola
Jumat 25 Mei 2018, 22:56 WIB

Liga 1 2018

Kalahkan Persipura 2-0, Persija Putus Rentetan Kekalahan

Redzi Arya Pratama - detikSport
Kalahkan Persipura 2-0, Persija Putus Rentetan Kekalahan Persija Jakarta saat menaklukkan Persipura Jayapura. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Cibinong - Persija Jakarta bangkit dari rentetan kekalahan. Macan Kemayoran menaklukkan Persipura Jayapura 2-0 dalam lanjutan Liga 1 2018.

Pada laga lanjutan Liga 1 2018 yang dihelat di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (25/5/2018) malam WIB, Marko Simic dan Novri Setiawan menjadi penentu kemenangan tim asuhan Stefano Cogurra Teco.

Ini menjadi kekalahan ketiga Persipura musim ini di Liga 1. Sebelumnya mereka kalah dari Arema FC 1-3 dan Persib Bandung 0-2. Semuanya ditelan di laga tandang. Meski begitu, Persipura masih memimpin klasemen dengan poin 17, sama dengan raihan Barito Putera dan PSM Makassar.

Sedangkan Persija yang sebelumnya ada di zona merah naik signifikan ke peringkat delapan dengan 13 poin. Persija memutus laju empat kekalahan beruntun. Sebelumnya, mereka berturut-turut kalah dari Home United, Madura United, dan Persela Lamongan.



Jalannya Pertandingan

Pada babak pertama Persipura tampil lebih agresif, sedangkan Persija terlihat masih meraba permainan. Mutiara Hitam lebih banyak memegang bola, sedangkan Persija tampil menunggu dan mengandalkan kecepatan para sayapnya.

Hal ini terlihat dari penguasaan bola Persipura yang unggul dari Persija 63-37 persen. Meski begitu, terkait efektivitas di depan gawang kedua tim terbilang berimbang.

Serangan cepat Persija langsung berbuah hasil ketika laga baru berjalan delapan menit. Riko Simanjuntak lepas dari jebakan offside, dalam kondisi akselerasi cepat dan upaya melewati kiper, bola terlepas, beruntung di sampingnya ada Marko Simic yang langsung mencetak gol.

Pada menit ke-23, Persipura mendapat peluang emas. Marcel Sacramento membuat tandukan yang sebenarnya sudah di luar jangkauan Daryono, tapi Ismed Sofyan masih mampu menghalaunya. Babak pertama berakhir 1-0.

Pada babak kedua, tempo permainan semakin tinggi. Jual-beli serangan terjadi. Khusus Persipura, mereka lebih berani dalam menekan terlihat dari garis pertahanan mereka sangat tinggi.

Itu jadi hal yang terus dimanfaatkan Persija. Beberapa serangan cepat terjadi ketika dua full-back Persipura masih ada di daerah lawan. Hingga pada menit ke-77, Persija mencetak gol kedua.
Berawal dari umpan Sandi Sute yang sebenarnya terlalu deras, Ricardo Salampessy membuat blunder karena halauannya mampu diambil Novri Setiawan. Pemain bernomor 11 itu dengan dingin mencetak gol dengan tenang lewat tembakan melewati kedua kaki Dede Sulaiman.

Persipura mencoba terus menekan tapi tak ada peluang yang benar-benar nyata, kecuali pada menit ke-85 saat Prisca Womsiwor membuat aksi individu gemilang berujung tembakan yang mengenai tiang gawang Daryono. Laga berakhir 2-0 untuk Persija.

Susunan Pemain

Persija Jakarta: Daryono; Rezaldi, Maman, Jaime, Ismed; Novri, Sute, Ramdani (Chand 69'), Rico; Simic, Addison

Persipura Jayapura: Dede; Pae, Rumakek (Atuturi 59'), Salampessy, Tjoe; Wanggai (Womsiwor 59'), Kabes, Tahir; Sacramento (Wanma 79'), Hilton, Boaz



(cas/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed