DetikSepakbola
Selasa 21 Agustus 2018, 14:09 WIB

Indonesia vs UEA: Kobarkan Semangat Juang, Maksimalkan Dukungan

Mochamad Solehudin - detikSport
Indonesia vs UEA: Kobarkan Semangat Juang, Maksimalkan Dukungan Besarnya dukungan suporter bisa menjadi kunci keberhasilan timnas Indonesia menghadapi Uni Emirat Arab (Foto: Agung Pambudhy)
Bandung - Indonesia vs Uni Emirat Arab menjadi salah satu laga di babak 16 besar sepakbola Asian Games 2018. Indonesia diprediksi bisa menang asalkan mampu mengobarkan semangat juang dan memaksimalkan dukungan suporter.

Prediksi tersebut dilontarkan oleh Djajang Nurjaman, salah satu pelatih kenamaan Indonesia, ketika menganalisis peluang timnas U-23 untuk meraih kemenangan di babak 16 besar Asian Games 2018.




"Kalau lihat permainan UEA, Indonesia punya peluang untuk menang karena UEA yang tampil di sini tidak terlalu istimewa," kata Djadjang kepada pewarta, Selasa (21/8/2018).

Indonesia lolos ke babak 16 besar dengan predikat juara Grup A, mengungguli Palestina dan Hong Kong yang juga lolos di posisi kedua dan ketiga. Sementara UEA lolos sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.




Menurut Djajang, yang saat ini tengah mengikuti kursus Pro AFC, peluang menang skuat Luis Milla cukup terbuka lawan UEA. Salah satu kunci mewujudkannya adalah tampil dengan semangat juang tinggi dan memaksimalkan dukungan suporter Merah Putih.


Indonesia vs UEA: Kobarkan Semangat Juang, Maksimalkan DukunganTimnas U-23 diminta tampil dengan semangat juang lebih berkobar saat menghadapi Uni Emirat Arab (Foto: Agung Pambudhy)


"Indonesia harus push lagi fighting spirit, dan dukungan penonton itu harus dimanfaatkan. Kalau soal kemampuan secara tim bisa dikatakan berimbang," ujarnya.

Sementara itu Iwan Setiawan, pelatih kenamaan lain di Indonesia, mengemukakan pendapat sedikit berbeda karena menurutnya UEA akan memberi tantangan besar buat Indonesia. Di sisi lain, ia menyepakati bahwa dukungan suporter bisa krusial buat Indonesia.




"Jadi kalau dilihat dari tim yang ada menurut saya Indonesia harus kerja keras. Tim-tim tadi pemahaman taktikal kuat sekali. Kalau secara individu bisa dikatakan 50-50," ujarnya.

"Saya lihat Indonesia main di sini dengan dukungan luar bisa (dari suporter) itu banyak membantu. Ada beberapa pertandingan selalu maksimal dengan suport dari penonton yang luar biasa," kata Iwan yang juga sedang mengikuti kursus Pro AFC.


Simak Juga 'Hancurkan Hong Kong, Timnas Indonesia Juara Grup A Asian Games':

[Gambas:Video 20detik]


(krs/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed