DetikSepakbola
Selasa 21 Agustus 2018, 22:16 WIB

Asupan Gizi Bagus di Balik Penampilan Moncer Stefano Lilipaly

Amalia Dwi Septi - detikSport
Asupan Gizi Bagus di Balik Penampilan Moncer Stefano Lilipaly Pemain timnas Indonesia, Stefano Lilipaly. (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Stefano Lilipaly tampil amat bagus bersama timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018. Asupan gizi yang bagus menjadi rahasianya.

Lilipaly sempat mengalami sakit maag seusai membela timnas Indonesia U-23 menghadapi Hong Kong di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Senin (20/8/2018). Dia terlihat memegang perutnya dan memilih berlalu saat pewarta ingin mewawancarainya.

Dokter timnas U-23 Syarif Alwi mengungkapkan pemain Bali United mengalami masalah pada perutnya karena tak cocok dengan makanan yang ada di hotel. Akibatnya, tim dokter harus bisa mensiasatinya.

"Kami harus siapkan makanan yang diinginkan dan disukai Lilipaly, misalnya dia suka spageti, bubur, salmon, roti, beef. Yang penting tidak melanggar dasar makanan seorang atlet yang disiapkan untuk main 3-4 hari," kata Syarif kepada pewarta.




"Jadi tetap kami perhatikan gizinya, saya selalu mengecek dia, selalu tanya kamu mau makan apalagi. Kadang dia harus lihat dulu makannya, lalu kami tanya kamu mau makanan apalagi. Bukan kami membeda-bedakan, tapi kami harus memperhatikan," dia menambahkan.

Menurut Syarif makanan tak hanya dilihat dari nilai gizinya. Akan tetapi juga penyajiannya dan kadang tergantung dari pemainnya.

"Kalau misalnya, ada empat sehat lima sempurna, tapi dalam penyajiannya pemain kami tidak suka, ya tidak ada juga gizinya yang masuk. Biar saya bilang makanan ini enak sesuai gizi, kalori misalnya, tapi pemain tidak mau makan, apa ada nilai gizinya? Artinya kami perlu penyajiannya, harus tepat, harus disenangi pemain bukan kami pilih-pilih, tapi itu lah adanya," kata Syarif lagi.

Lilipaly sudah membukukan sebanyak tiga gol di Asian Games 2018. Dua gol dibukukan saat Garuda Muda menang 4-0 melawan Taiwan, satu lagi saat menang 3-1 melawan Hong Kong.

Ketajaman Lilipaly dibutuhkan lagi saat Indonesia memainkan laga babak 16 besar melawan Uni Emirat Arab pada 24 Agustus mendatang.


(ads/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed