DetikSepakbola
Senin 24 September 2018, 13:45 WIB

Tragedi di GBLA, Kemenpora dan BOPI Minta Pertanggungjawaban PSSI

Mercy Raya - detikSport
Tragedi di GBLA, Kemenpora dan BOPI Minta Pertanggungjawaban PSSI Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Kemenpora langsung melakukan rapat terbatas dengan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) menyusul meninggalnya satu suporter Jakmania oleh oknum bobotoh.

Haringga Sirila meregang nyawa di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/9/2018) siang WIB menjelang duel Persib dengan Persija. Dia dikeroyok oleh oknum bobotoh yang mengatasnamakan fanatisme klub.

Kejadian ini merupakan yang sekian kali. Total sudah ada tujuh korban tewas dari brutalnya rivalitas antara suporter Persib dan Persija. Jumlah itu terhitung sejak Meninggalnya Rangga Cipta Nugraha pada Mei 2012.




Atas kejadian itu, Sekretaris Menpora, Gatot S. Dewa Broto, langsung menggelar rapat di kantor Kemenpora, Senin (24/9/2018). Belum melibatkan masing-masing kedua klub.

"Tadi kami sudah undang BOPI dan sedang saya suruh buat surat untuk meminta pertanggungjawaban PSSI dan tuan rumah. Rapatnya satu jam yang lalu ada ketua BOPI Richard Sam Bera dan anggota, " kata Gatot kepada detikSport.


"Yang kedua kami juga minta skenario kira-kira sanksi yang mau dijatuhkan seperti apa. Semoga saat jumpa pers nanti jam 4 sore sudah bisa diumumkan," dia menambahkan.

Persoalan meninggalnya suporter merupakan kejadian berulang yang belum tuntas hingga sampai saat ini. Lantas apa sikap tegas Kemenpora?

"Nanti akan kami umumkan," kata Gatot menolak menjelaskan lebih detail.




Uya Kuya dan Billy Sesalkan Bentrok Persija-Persib yang Tewaskan Satu Orang, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]


(mcy/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed