DetikSepakbola
Selasa 25 September 2018, 23:56 WIB

Ini Enam Langkah PSSI Usai Tragedi Mematikan di GBLA

Amalia Dwi Septi - detikSport
Ini Enam Langkah PSSI Usai Tragedi Mematikan di GBLA Suporter Persija Haringga Sirila meregang nyawa di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - PSSI memutuskan menyetop sementara kompetisi Liga 1 menyusul tragedi mematikan di laga Persija Jakarta vs Persib Bandung. Ada enam poin yang dirumuskan PSSI.

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi telah mengumumkan Liga 1 dihentikan hingga waktu yang belum ditentukan. PSSI ingin melakukan investigasi lebih dulu terkait kasus meninggalnya suporter Persija, Haringga Sirila, usai dikeroyok oknum suporter Persib.




Sementara ini ada enam langkah yang dirumuskan oleh PSSI terkait insiden berdarah tersebut.

"Kami baru selesai rapat, sidang khusus dengan segenap anggota Exco (Komite Eksekutif) dari sidang ini sehingga tak ada polemik. Kami punya aturan dan kami tak boleh keluar dari aturan," ujar Edy dalam juga pers di Jakarta, Selasa (25/9/2018).

"Kami tidak mempersoalkan hal-hal yang tidak perlu dipersoalkan, harus fokus. Ke depan, Insya Allah dengan hati bersih kami bisa menyelesaikan," tambahnya.
Berikut adalah langkah yang diambil PSSI setelah memutuskan menghentikan Liga 1

1. Komisi disiplin PSSI akan segera melakukan investigasi terkait kasus kematian Haringga Sirila. Investigasi akan tetap terus dilanjutkan. Sesuai dengan aturan, hukuman terendah adalah teguran finansial, sampai tingkat diskualifikasi. Kepastian hukuman menunggu sidang Komisi Disiplin. Edy Rahmayadi mengingatkan bahwa PSSI berani mengambil sanksi diskualifikasi.

2. PSSI akan segera membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) yang lebih jelas dalam rangka meredam dan menghentikan kegiatan-kegiatan merugikan.

3. PSSI akan segera melaporkan dan berkoordinasi dengan pihak AFC dan FIFA terkait dengan penghentian kompetisi Liga 1.
4. PSSI akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait yakni Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), Kemenpora, dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

5. Koordinasi dengan aparat kepolisian untuk merumuskan bagaimana langkah terhadap penanganan kasus dan keamanan pertandingan.

6. PSSI akan segera melakukan konsolidasi dengan klub dan para suporter.
(ads/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed