sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 27 Sep 2018 23:42 WIB

Liga 1 Dihentikan Sementara, Zulkifli Syukur: Mari Introspeksi

Reinhard Soplantila - detikSport
Foto: Reinhard Soplantila Foto: Reinhard Soplantila
Makassar - Kapten PSM Makassar, Zulkifii Syukur, menanggapi positif penghentian sementara Liga 1. Ini diharapkan menjadi momen introspeksi seluruh elemen sepakbola.

Keputusan itu diambil PSSI usai insiden pengeroyokan beberapa oknum suporter Persib Bandung terhadap Haringga Sirila, suporter Persija Jakarta, hingga tewas. Haringga menjadi korban kesekian dari kebrutalan suporter sepakbola Tanah Air.

"Positif baik bagi pemain, menajemen dan suporter tentunya, mari kita intropeksi diri dan merenungkan yang terjadi kemarin-kemarin. Kami harap kedepan tidak ada kejadian seperti ini lagi," ujar Zulkifli kepada pewarta, Kamis (27/9/2018).


"Baik dari pemain, penonton ataupun suporter saling jaga di setiap pertandingan. Karena penonton atau suporter mau lihat kita bermain, bukan untuk tawuran," sebut kapten PSM ini.


Untuk itu, Zulkifli Syukur yang juga tergabung dalam Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI), berharap kedepannya seluruh suporter klub yang berlaga di Indonesia harus segera membuat perjanjian nota damai, agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

Jika belum tercapai solusi dan kata damai, para pesepakbola profesional di Indonesia mengancam enggan untuk bermain di Liga Indonesia.

"Ya seperti itu (tidak bermain sebelum ada nota damai) artinya kami dari asosiasi pemain inginkan itu. Seluruh suporter di Indonesia buat nota damai jangan ada kejadian seperti itu," imbuh dia.


(rin/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com