sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 29 Sep 2018 05:38 WIB

Pentingnya Dukungan Orang Tua untuk Amanar Abdillah

Lucas Aditya - detikSport
Foto: Lucas Aditya
FOKUS BERITA Indonesia vs Australia
Kuala Lumpur - Kehadiran orang tua bisa menjadi doping semangat bertanding. Pemain Timnas Indonesia U-16 Amanar Abdillah sampai mengirim uang agar ayahnya datang ke Malaysia.

Amanar baru saja mengantarkan Indonesia lolos ke babak perempatfinal Piala Asia U-16 2018. Dia bermain pada dua pertandingan awal, saat Indonesia menang atas Iran dan bermain imbang 1-1 melawan Vietnam.

Beroperasi di sisi sayap kanan, Amanar menjadi salah satu pilihan Fakhri Husaini di lini serang. Amanar yang terus berlari tak kenal lelah di stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, ternyata mendapatkan dukungan dari penggemar nomor satunya.

Tak lain adalah sang ayah, Fadli, yang datang jauh-jauh dari Aceh. Sejak, Jumat (22/9/2018), dia datang ke Kuala Lumpur. Bersama dengan orang tua Brylian Negiehta Dwiki Aldama, Yusyanto, dan bapak Sutan Zico, Oryanto Jhosan, Fadli memberikan dukungan langsung ke stadion.


Perjalanan selama 10 jam dari Lhoksumawe ke bandara Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara, pun harus ditempuh untuk menuju Malaysia.

"Saya kemari sejak hari Jumat, pulang rencana tanggal 8. Saya yakin Insya Allah kita juara. Apakah Amanar main juara, saya yakin dengan timnas U-16," kata Fadli dalam perbincangan dengan detikSport.

"Ke mana pun anak saya bermain walaupun saya kurang mampu saya usahakan sehingga anak ini tambah semangat.

"Sering telepon minta ditonton. 'Ayah tak ada uang, biar Amanar kirim. Yang penting ayah kemari'," dia menambahkan.


Amanar, yang ditemui secara terpisah, mengaku bahwa dukungan langsung orang tuanya bisa memompa semangatnya lebih tinggi lagi. Motivasi ingin membanggakan orang tua menjadi yang utama.

"Tidak semua (mentransfer biaya untuk ke Malaysia). Penting ada orang tua, jadi tambah semangat mainnya. Sudah lama banget tidak bertemu, dua bulan. Makanya kangen banget," kata Amanar di lapangan Persada Plus.

"Dukungan orang tua penting banget. Kalau ada mereka datang tidak mungkin kita hanya untuk malu-maluin dia. Kita harus maksimal," dia menambahkan. (cas/rin)
FOKUS BERITA Indonesia vs Australia
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com