sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 05 Nov 2018 11:18 WIB

Pesta Sepakbola Negara-Negara Asia Tenggara Dimulai Pekan Ini

Lucas Aditya - detikSport
Foto: Infografis Detiksport
FOKUS BERITA Piala AFF 2018
Jakarta - Para pecinta Timnas Indonesia harus bersiap untuk memberikan dukungan lagi. Pesta sepakbola negara-negara Asia Tenggara akan dimulai pekan ini.

Ajang Piala AFF kali ini merupakan yang ke-12. Ada perbedaan dengan edisi-edisi sebelumnya, kaitannya sistem penyelenggaraan.

Karena dinilai tak mendatangkan banyak penonton, home tournament tak lagi digunakan. Ajang kali ini menggunakan sistem home and away.

Satu grup di Piala AFF 2018 masih diisi oleh lima tim. Peringkat pertama sampai kesembilan anggota AFF langsung lolos kualifikasi, playoff dilakukan oleh tim peringkat ke-10 dan ke-11. Untuk kali ini, Timor Leste yang melaju ke putaran final.

Indonesia tergabung ke dalam Grup B. Skuat Garuda segrup dengan Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Filipina. Sementara di Grup A, ada Malaysia, Vietnam, Myanmar, Kamboja, dan Laos.




Hingga saat ini, Thailand masih menjadi pengoleksi trofi terbanyak di ajang dua tahunan ini. Tim negeri gajah putih lima kali menggapai gelar juara. Menyusul kemudian Singapura dengan empat trofi.

Dua negara lain yang pernah menjadi kampiun adalah Malaysia (2010) dan Vietnam (2008). Prestasi terbaik Indonesia di ajang ini baru sebatas lima kali menjadi runner-up, termasuk di edisi 2016.

Indonesia akan menjalani pertandingan pertama saat menyambangi markas Singapura. Pertandingan di National Stadium itu akan berlangsung, Jumat (9/11/2018).

Setelah itu, Timor Leste, Thailand, dan Filipina yang akan menjadi lawan berikutnya. Di tahun ini, bisa menghapus kutukan runner-up, Tim Merah-Putih?





(cas/fem)
FOKUS BERITA Piala AFF 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com